nusabali

Guru dan Siswa SMK TI Global Klungkung Raih Prestasi Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-guru-dan-siswa-smk-ti-global-klungkung-raih-prestasi-tingkat-nasional

SEMARAPURA, NusaBali
Salah seorang guru SMK TI Bali Global Klungkung Delta Mahadewa meraih penghargaan sebagai perserta terbaik dalam ajang Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java.

Ajang ini digelar oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Lomba tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bidang vokasi ini dilaksanakan pada 24 Agustus - 4 Oktober 2021.

Delta Mahadewa mengatakan dirinya tahu ada lomba itu setelah melihat pengumuman dari Kemendikbud Ristek.  

Selanjutnya dia diminta untuk mengisi biodata, lanjut ada wawancara. ‘’Hanya saya sendiri pesera dari Bali di bagian Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java," ujar Delta, Senin (1/11).

Kata dia, ada 20 guru terbaik dari masing-masing kota se Indonesia yang ikut lomba ini. Dia mengaku berjuang melawan guru-guru senior, dengan arahan dan motivasi dari kepala sekolah. ‘’Syukur bisa berprestasi," ungkap Delta.

Selama kegiatan berlangsung setiap hari ada kegiatan, dan setiap kegiatan ada test dan tidak boleh bolong satu kali pun. "Dari kegiatan tersebut dan dari post test juga project maka di tentukanlah yang terbaik," ungkapnya.

Selain guru, siswa SMK TI Bali Global Klungkung I Gusti Ngurah Krishna Yogananda dan I Kadek Budiarta berhasil masuk peringkat 6 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional 2021 bidang Cyber Security. Lomba digelar Pusat Prestasi Nasional, Setjen Kemendikbud Ristek, 24 – 31 Oktober 2021. Kedua siswa ini menerima Award Medallion for Excellence. Lomba setara OSN (Olimpiade Sains Nasional) ini berlangsung tiap tahun, untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik untuk dikompetisi ke tingkat internasional.

Kepala SMK TI Bali Global Klungkung Drs I Gusti Lanang Made Puji M Pd menyatakan bangga atas prestasi tingkat nasional yang diraih oleh guru dan siswanya. "Prestasi ini merupakan bukti nyata bahwa SMK TI Bali Global Klungkung terus menempa kualitas. Guru, siswa, pegawai selalu kompak, tampil dengan persiapan turun dengan kehormatan," ujar Lanang Puji.

Jelasnya, saat ini salah seorang siswa SMK TI Bali Global Klungkung I Putu Gede Sugiarta, juga sedang berjuang jelang final Lomba Web Design SMA/SMK Tingkat Nasional ITTC 2021. Final dilaksanakan awal November 2021.

Dia menjelaskan, siswa atas nama I Putu Endy Arta Saputra dan Ni Kadek Ratna Dila Wati juga meraih penghargaan juara harapan I dan III Lomba Menyanyi Lagu Pop Bali Kategori SMA/K Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan Undiknas Denpasar. Sebelumnya siswa SMK TI Bali Global Klungkung, Hikmah Putra Cahyadi lolos ke tingkat nasional pada Lomba Photografi yang dilaksanakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. *wan

Komentar