nusabali

Pecah Ban, Xenia Seruduk Mobil hingga Terguling

  • www.nusabali.com-pecah-ban-xenia-seruduk-mobil-hingga-terguling

NEGARA, NusaBali
Kecelakaan lalu lintas dipicu pecah ban sebuah mobil Daihatsu Xenia nopol P 1049 SC, terjadi di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, Banjar Pangkung Dedari, Desa/Kecamatan Melaya, Jembrana, Sabtu (30/10) dinihari.

Mobil yang oleng hingga masuk ke arah jalur berlawanan itu, sempat menyeruduk mobil Pregio KIA Pregio nopol DK 1140 IP hingga terguling ke sisi jalan setempat.

Kanit Laka Polsek Melaya Iptu I Nyoman Yasa, Minggu (31/10), mengatakan kecelakaan dua mobil di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk kilometer 112-113, tepatnya di sebelah timur Mapolsek Melaya itu, terjadi Sabtu sekitar pukul 01.30 Wita. Kecelekaan bermula saat mobil Xenia nopol P 1049 SC yang dikemudian Danang Adi Kusuma asal Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), bergerak dengan kecepatan sedang dari arah timur ke barat atau dari arah Denpasar menuju Gilimanuk.

Begitu mendekati TKP dengan kondisi jalan tikungan beraspal baik, terjadi hujan gerimis dengan situasi sekitar gelap tanpa penerapan jalan. Tiba-tiba ban bagian depan sebelah kanan mobil Xenia pecah. Ketika mengalami pecah ban tersebut, sang sopir tidak bisa menguasai kendaraan sehingga mobilnya masuk ke kanan atau arah jalur berlawanan.  

Saat mobil itu melaju oleng ke kanan, dari arah berlawanan melaju mobil KIA Pregio nopol DK 1140 IP yang kemudikan Efendi Hamidi asal Situbondo, Jawa Timur. Karena jarak yang sudah begitu dekat, tabrakan tidak bisa dihindarkan. "Mobil Pregio ditabrak pada bagian belakang samping kanan. Sebelum ditabrak itu, sopir mobil Pregio sempat berusaha membanting stir sehingga begitu dirabrak akhirnya berhenti dengan keadaan mobil terbalik," ucap Iptu Yasa.

Meski berakhir dengan posisi mobil terbalik, sambung Iptu Yasa, sang sopir mobil Pregio itu berhasil selamat tanpa mengalami luka. Begitu juga sopir mobil Xenia yang mobilnya juga sempat naik trotoar dan berhenti setelah menabrak pinggiran taman di depan Mapolsek Melaya itu, selamat tanpa luka. "Semuanya selamat tanpa ada luka. Setelah mengetahui kejadian itu, kami juga langsung turun mengatur lalu lintas dan mengamankan barang bukti," ucapnya.

Dalam peristiwa kecelakaan tersebut, kata Iptu Yasa, kedua pihak sepakat berdamai. Kebetulan, pengemudi Xenia dengan pengemudi Pregio itu, sama-sama kenal dan sang pengemudi Xenia menyatakan siap mengganti rugi kerugian material terhadap mobil Pregio yang ditabraknya. "Sepakat diselesaikan secara kekeluargaan. Mereka (sopir Xenia dengan sopir Pregio) itu kebetulan saling kenal," ujar Iptu Yasa.

Berkaca dari kecelakaan tersebut, Iptu Yasa mengimbau agar setiap pengguna jalan selalu berhati-hati. Selain memastikan kondisi fisik dalam kondisi fit, juga penting untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum melaksanakan perjalanan. *ode

Komentar