nusabali

Emas Ke-6 dari Judo, Bali Kalahkan DKI Jakarta di Final Beregu Campuran

  • www.nusabali.com-emas-ke-6-dari-judo-bali-kalahkan-dki-jakarta-di-final-beregu-campuran

MIMIKA, NusaBali.com – Kontingen Bali mengamankan medali emas keenam dari cabang olahraga judo PON XX Papua setelah menjuarai nomor beregu campuran dengan mengalahkan DKI Jakarta dalam babak final, Minggu (3/10/2021).

Perebutan medali emas yang dilangsungkan di  Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Tim judo Bali menundukkan DKI Jakarta setelah mengamankan empat skor kemenangan dari lima pertandingan yang dimainkan.

Pertandingan pertama dibuka dengan laga kelas 53 kg putri antara wakil Jakarta Maryam March Maharani dan Ni Kadek Anny Pandini dari Bali. Kadek Anny membuka skor kemenangan bagi Bali.

Bali lalu mengamankan dua pertandingan berturut-turut setelah I Putu Sukarya Yasa mengalahkan Qori Amrullah Al Haq dalam kelas 73 kg putra, dan I Gusti Ayu Guna Kakihara menundukkan Hanifa Fitriah Hadiyan pada kelas 70 kg putri.

Satu-satunya skor yang diraih DKI Jakarta adalah ketika Gerald George Pantouw mengalahkan Putu Wiradamungga Adesta dalam kelas 90 kg putra pada pertandingan keempat.

Namun keunggulan DKI Jakarta kembali dipatahkan tim judo Bali saat I Dewa Ayu Mira menaklukkan Tiara Shinta yang tampil pada kelas di atas 73 kg putri.

Dengan hasil ini, Bali tetap menjaga dominasi klasemen medali dengan mengamankan enam emas dan keluar sebagai juara umum, sementara DKI Jakarta harus berpuas dengan medali perak.

Sementara pada babak perebutan medali perunggu, tuan rumah Papua dan Jawa Barat menjadi pemenang medali perunggu setelah masing-masing mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sebelumnya di babak semifinal,  Bali  mencetak kemenangan 4-2 atas Jawa Barat yang dibukukan oleh Ni Kadek Anny (-57 kg putri), I Gusti Putu Ayu Guna (-70 kg putri), I Dewa Ayu Mira (+70 kg putri), dan I Gede Ganding (+90 kg putra). Sementara tim Jawa Barat, hanya mengantongi dua kemenangan lewat Iksan Apriyadi (-73 kg putra) dan I Kadek Pasek (-90 kg putra).

Perjalanan pejudo Bali juga harus melewati tuan rumah Papua do babak perempatfinal dengan kemenangan 4-1.  Sementara DKI Jakarta, lolos ke partai puncak beregu campuran judo PON Papua dengan menang telak 2-0 atas tim Jawa Timur. 

Sebelumnya Bali sudah  mengantongi lima medali emas melalui Ni Kadek Anny Pandini, I Gusti Ayu Guna Kakihara, I Gede Ganding Kalbu Soethama, Fania Farid, dan I Dewa Ayu Mira Widari. *ant

Komentar