nusabali

Empat Perenang Bali Pari Diharapkan Raih Medali PON

  • www.nusabali.com-empat-perenang-bali-pari-diharapkan-raih-medali-pon

JAKARTA, NusaBali - Empat perenang dari Klub Bali Pari diharapkan meraih prestasi dalam PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara. Yakni, I Putu Wirawan di nomor 3.000 meter perairan terbuka, Justin Emanuelle Banik di 10 km perairan terbuka, Dwiyaning Aprilia Putri di 10 km perairan terbuka putri, dan Pande Made Iron Digjaya di 50, 100, 200 meter gaya dada.

Pelatih Klub Bali Pari Ni Putu Era Larasati mengatakan, dari 12 perenang PON Bali, empat perenang Bali Pari diharapkan meraih prestasi bagus. Terlebih, I Putu Wirawan dan Pande Made Iron Digjaya adalah mantan perenang Pelatnas.

"Kalau dilihat dari database catatan waktu, diharapkan Iron dapat meraih dua emas di 100 dan 200 meter gaya dada. Dwiyaning Aprillia mampu meraih perunggu di 10 km. Putu Wirawan dan Justin juga tidak menutup kemungkinan mendapatkan medali emas," kata Era, panggilan akrab Ni Putu Era Larasati, Sabtu (2/3).

Sebab, kata Era, Putu Wirawan dan Justin bertanding di laut, sehingga tergantung kondisi di laut dan semua perenang berpeluang mendapatkan medali. "Siapa tahu semua atlet bisa meraih medali," kata wanita, yang juga pelatih renang Pelatda PON Bali.

Soal Pelatda renang, kata Era, sudah berlangsung dari Februari 2024,  di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Badung. Mereka dilatih enam orang, dan salah satunya adalah Era sendiri.

"Saya termasuk dalam jajaran pelatih bersama lima pelatih lainnya. Kami dikepalai oleh Pak Wi (Wayan Wiarta)," jelas Era. 

Era mengatakan, para perenang PON Bali berlatih setiap Senin, Rabu dan Kamis sore atau pukul 14.00-16.00 WITA. Sebagai pelatih, Era telah memetakan lawan kuat anak didiknya. Mereka dari Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta. 

Meski demikian, Era tetap optimistis para perenang Bali mampu meraih prestasi bagus bagi Bali karena telah mempersiapkan diri dengan baik dan data base catatan waktu mereka juga bagus. k22

Komentar