nusabali

Korsleting, Ruang Makan Karyawan Hotel Grand Bali Beach Ludes

  • www.nusabali.com-korsleting-ruang-makan-karyawan-hotel-grand-bali-beach-ludes

DENPASAR, NusaBali
Peristiwa kebakaran terjadi di Hotel Grand Bali Beach, Jalan Hangtuang Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Rabu (11/8) pukul 09.30 Wita.

Tiba-tiba api menyala di lantai I hotel tepatnya di ruang makan karyawan. Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik AC portable yang diletakan di ruang makan.

Untungnya peristiwa itu segera mendapat penanganan dari tim pemadam kebakaran BPBD Kota Denpasar. Saat itu api sudah menyambar plafon hotel. Api pun dapat dijinakkan sebelum merembet ke ruangan lain. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Kerugian materi dari peristiwa tersebut ditaksir Rp 5 juta.

Kasubbag Humas Polresta Denpasar, Iptu Ketut Sukadi dalam keterangan persnya kemarin siang mengungkapkan peristiwa kebakaran itu pertama kali diketahui oleh I Gusti Ngurah Astika. Pria yang bekerja sebagai housekeeping itu melihat kepulan asap pekat saat melintas di depan ruangan makan karyawan.

"Melihat kejadian itu saksi langsung melapor ke tim pemadam kebakaran hotel dan para karyawan lainnya. Para karyawan bersama tim pemadam kebakaran hotel bersama-sama melakukan pemadaman. Syukur api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke ruangan lainnya," ungkap Iptu Ketut Sukadi.

Dugaan sementara peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu hotel tertua di Bali itu dari salah satu AC portable yang disimpan di ruangan makan itu. Dugaan demikian karena titik apinya hanya pada AC tersebut. Diduga stop kontak dari pendingin ruangan itu terjadi korsleting.

"Apinya hanya pada AC portable saja. Hanya saja saat diketahui terjadi kebakaran api sudah mulai besar membakar mesin AC dan mulia menyambar plafon. Untuk memastikan api sudah benar-benar padam pihak hotel juga minta bantuan tim pemadam kebakaran dari BPBD Kota Denpasar," tandas Iptu Ketut Sukadi.

Dikonfirmasi terpisah Humas Hotel Grand Bali Beach Sanur Dayu Dewi Apriyanti, 48 mengatakan kebakaran itu dapat ditangani dengan baik oleh tim pemadam. "Kebakaran itu sudah ditangani dengan baik," tulis Dayu Dewi Apriyanti melalui pesan WhatsApp.

Peristiwa kebakaran kerap menimpa hotel yang berada di pinggir Pantai Sanur tersebut. Tahun 2020 hotel bintang lima itu sempat dua kali alami kebakaran, yakni pada 1 Maret dan 29 Maret 2020. Dalam dua kali peristiwa kebakaran kala itu dapat diatasi tanpa ada korban luka maupun korban jiwa.

Kebakaran yang terjadi pada Minggu 1 Maret 2020 menggegerkan warga kota Denpasar. Api muncul di lantai 10. Asap pekat membubung tinggi keluar dari lantai 10 hotel tersebut. Kebakaran yang terjadi pukul 17.45 Wita itu terjadi akibat sambaran petir. Saat kebakaran terjadi sedang hujan.

Manajemen hotel sempat panik. Karena saat itu ada 40 kamar hotel yang diisi 80 orang tamu. Berkat kesigapan para petugas semua tamu berhasil dievakuasi ke Inna Bali Beach Garden yang berada di sisi selatan tower tanpa ada yang mengalami cedera. Api berhasil dipadamkan pukul 18.00 Wita.

Ketegangan kembali terjadi pada pukul 18.15 Wita petang itu juga. Kebakaran kembali terjadi. Kali ini api muncul di lantai dasar Hotel Inna Grand Bali Beach tepatnya di area laundry. Pihak hotel pun meminta bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Api dapat dijinakkan oleh regu pemadam kebakaran.

Belum genap sebulan, Minggu 29 Maret 2020 pukul 19.00 Wita kebakaran kembali melanda hotel tersebut. Lagi-lagi kebakaran terjadi di lantai 10. Api pertama kali muncul di plafon lobi bagian tengah Lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach, tepatnya dekat lift. Titik api berbeda dibanding kebakaran pada 1 Maret 2020. Kalau dalam kebakaran sebelumnya, titik apinya berada di lobi Lantai 10 bagian utara. Sedangkan dalam kebakaran 29 Maret 2020, titik apa berada di di lobi Lantai 10 bagian tengah.

Pada saat terjadi kebakaran itu lantai 10 Hotel Inna Grand Bali Beach sedang dalam renovasi akibat kebakaran yang terjadi 1 Maret 2020. Untuk menjinakkan api dalam peristiwa tersebut tim padam kebakaran dari BPBD Kota Denpasar membutuhkan waktu satu jam lamanya. Dalam peristiwa itu juga tidak ada korban jiwa ataupun korban luka.

Setahun lebih berlalu peristiwa kebakaran kembali terjadi, Rabu (11/8) pagi. Kebakaran kali ini terjadi di ruangan makan karyawan. Dalam peristiwa kemarin benda yang terbakar adalah satu unit AC portable dan beberapa lembar plafon yang disambar api. *pol

Komentar