nusabali

Klungkung Tambah 16 TK Negeri

  • www.nusabali.com-klungkung-tambah-16-tk-negeri

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung terus mengupayakan penambahan TK negeri. Tahun 2021 akan dilakukan penambahan 16 TK negeri.

Sementara itu, TK negeri yang sudah dimiliki mencapai 18 TK negeri. Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana mengatakan, ada penambahan 16 TK negeri pada 2021 ini. Yakni, di 5 TK negeri di Kecamatan Nusa Penida, 4 TK negeri di Kecamatan Banjarangkan, 4 TK negeri di Kecamatan Dawan, dan Kecamatan Klungkung 3 TK negeri. "Totalnya ada penambahan lagi 16 TK negeri," kata Sujana, Senin (15/2).

Dia merinci secara detail nama-nama penambahan TK negeri tersebut, yakni di Nusa Penida TK negeri di Desa Bungamekar, Tanglad, Batukandik, Batumadeg, dan Desa Suana. Kecamatan Banjarangkan yakni di Desa Nyalian, Bakas, Bungbungan, dan Desa Tohpati. Di Kecamatan Dawan yakni di Desa Paksebali, Dawan Kaler, Sampalan Tengah, dan Kusamba. Sedangkan, di Kecamatan Klungkung yakni TK negeri di Kelurahan Semarapura Kaja, Manduang, dan Kamasan.

Sujana menyatakan proses menegerikan TK di masing-masing desa akan terus dilakukan. Syarat dan prosedur yang harus dilalui yakni tenaga pendidik, penyerahan aset jika itu dari Yayasan, luas lahan minimal 4 are, dan lainnya. “Setelah semua itu terpenuhi maka akan menjadi indikator TK negeri,” ujar Sujana, belum lama ini.

Jelas dia, program penegerian TK tersebut merupakan salah satu program prioritas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di bidang pendidikan. Di satu sisi, Sujana, juga sempat mengunjungi TK Negeri maupun SD di Kecamatan Dawan, Kamis (11/2) lalu. Guna memonitoring persiapan pembelajaran tatap muka dan kebersihan sekolah. Baik toilet, pertamanan dan lainnya. "Disetiap ruang kelas juga sudah dilengkapi  dengan standarprotokol kesehatan," kata Sujana.

Dalam kesempatan itu Sujana juga mengingatkan harus tetap terjalin kerjasama yang baik untuk membangun sekolah yang unggul dan berprestasi. *wan

Komentar