nusabali

Gedung SDN 3 Batukandik Rusak Berat

  • www.nusabali.com-gedung-sdn-3-batukandik-rusak-berat

SEMARAPURA, NusaBali - Anggota Komisi III DPRD Klungkung, Gede Artison Andrawata, observasi ke SDN 3 Batukandik, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (29/1).

Politisi yang akrab disapa Sony ini melihat ruang kelas I tanpa plafon. Ruangan kelas rusak berat. Plafon ambruk pada tahun 2021, hingga saat ini belum mendapatkan perbaikan.

Politisi Demokrat ini minta Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung segera memperbaiki kerusakan di SDN 3 Batukandik. “Kondisinya sangat membahayakan. Kemungkinan roboh hingga menarik ruang kelas lainnya,” ujar Sony. 

Kasek SDN 3 Batukandik, Gede Darmawan mengatakan kerusakan awalnya sedikit. Akibat lama tidak mendapatkan perbaikan hingga menyebabkan plafon dan kayu penyangganya ambruk. “Kejadiannya sore hari, saat itu ruangan kelas kosong,” ujar Darmawan.

Darmawan sudah mengusulkan perbaikan gedung ke Disdikpora Klungkung. Namun belum lulus di usulan DAK (dana alokasi khusus) tahun 2024. Diusulkan kembali pada DAK tahun 2025. 

“Sudah ada penilaian dari Dinas Pekerjaan Umum Klungkung dengan klasifikasi rusak berat. Tahun ini akan diajukan kembali untuk anggaran 2025,” jelas Darmawan. Imbas satu ruangan rusak berat maka ruang Perpustakaan dijadikan ruang kelas I. 

Kadisdikpora Klungkung, I Wayan Sujana mengatakan, sedang melakukan pengecekan ke SDN 3 Batukandik. Diakui sudah mengajukan perbaikan, namun sertifikat baru selesai tahun 2023. Sehingga perbaikan tertunda sejak 2021. “Kami akan cek dulu apanya yang rusak, kerusakan itu akan kami tangani secepatnya agar tidak mengganggu proses belajar mengajar,” tegas Sujana. 7 wan

Komentar