nusabali

Pegawai Dilatih Siap Siaga Bencana

  • www.nusabali.com-pegawai-dilatih-siap-siaga-bencana

BANGLI, NusaBali - Suara sirine menggelegar dan pegawai di Badan Penanggunan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Bangli berhamburan untuk menyelamatkan diri dari guncangan gempa. Disejumlah titik perkantoran juga terjadi kepanikan.

Hal itu salah satu adegan simulasi bencana di kantor setempat, Jumat (25/4). Kepala BPBD dan Damkar Bangli, I Wayan Wardana menjelaskan jika gempa dan upaya penyelamatan kegiatan itu serangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada 26 April. Sebelum dilaksanakan simulasi lebih dulu dilaksanakan apel bersama.

Menurut Wayan Wardana, HKB wajib dilaksanakan sebagai bentuk kewaspadaaan terhadap bencana. Tidak hanya di Kantor BPBD kegiatan dilaksanakan di semua lini, perkantoran, sekolah hingga desa.


"Kami bersurat, untuk melaksanakan apel dan memberikan imbauan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HKB serta melakukan simulasi bencana," jelasnya.

Pejabat asal Kelurahan Kawan, Bangli, ini mengatakan simulasi yang dilakukan yakni menghindari dan menyelamatkan diri dari bencana gempa. "Kita pahami bersama bencana menyebabkan korban, maka itu masyarakat dilatih terutama menyelamatkan diri," sebutnya.

Diharapkan, dengan kegiatan ini, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan dan pemahaman akan risiko bencana.7esa

Komentar