nusabali

JUPI Unud Selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Unud Journal Terakreditasi Nasional

  • www.nusabali.com-jupi-unud-selenggarakan-pelatihan-dan-pendampingan-unud-journal-terakreditasi-nasional

DENPASAR, NusaBali - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana (Unud) Prof Dr Ir I Gede Rai Maya Temaja, MP IPU, membuka acara Pelatihan dan Pendampingan Unud Journal Terakreditasi Nasional bertempat di Aula Pascasarjana Kampus Sudirman, Denpasar, Kamis, (18/4).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Unud yang menghadirkan seorang narasumber yakni Dr Muh Firyal Akbar, SIP MSi dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Ketua Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unud Gede Arda, STP MSc PhD, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang merupakan rangkaian besar dari kegiatan pengembangan Unud Jurnal menuju bereputasi global yang difokuskan pada jurnal-jurnal yang akan reakreditasi atau baru menuju akreditasi Sinta terutama akreditasi nasional. Menurut dia, ini merupakan cikal bakal atau langkah pertama dari setiap jurnal yang ada di lingkungan kampus Unud khususnya untuk menuju pada tingkat yang lebih tinggi. Diharapkan di tahun-tahun ini dan di tahun ke depan jurnal yang bereputasi nasional tetap akan terus bertambah, sehingga itu merupakan aset yang dimiliki oleh Unud terutama bagi para peneliti dan para penulis baik di dalam maupun di luar Unud. 

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, yakni hari pertama difokuskan pada pemahaman bagaimana akreditasi Sinta tersebut dan kemudian dilanjutkan lagi dengan bagaimana proses akreditasi dilakukan secara teknis. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat terus secara berkelanjutan meningkatkan kualitas jurnal-jurnal yang ada di lingkungan Unud, sehingga dapat menjadi salah satu indikator bahwa kegiatan akademis juga meningkat, serta tujuan ini bisa tercapai secara terus menerus.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana Prof Rai Maya Temaja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr Muh Firyal Akbar selaku pembicara yang hadir langsung ke Unud untuk memfasilitasi hasil-hasil riset para civitas akademika Unud untuk mempublish atau memberikan informasi kepada publik tentang perkembangan riset ataupun perkembangan pengabdian dari para peneliti pengabdi di Unud maupun luar Unud. 

“Kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya karena berada di tengah-tengah para pengelola jurnal yang dengan tulus dan tentunya terus menerus mengupayakan pengelolaan jurnal ilmiahnya terkelola dengan baik,” ujar Wakil Rektor.

Akreditasi jurnal ini merupakan pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal dengan penilaian melalui kewajaran, penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal. Sedangkan peringkat akreditasi itu menunjukkan kualitas dari suatu jurnal. Di Unud yang sudah terakreditasi di predikat Sinta itu ada 96 jurnal, untuk Sinta 1 ada dua jurnal, Sinta 2 ada sebelas jurnal, Sinta 3 ada dua puluh tujuh jurnal, Sinta 4 ada tiga puluh delapan jurnal, Sinta 5 ada tujuh belas jurnal dan Sinta 6 ada satu jurnal. Sedangkan, yang belum terakreditasi nasional juga ada beberapa jurnal, sehingga di kegiatan inilah akan duduk bersama untuk menyerap kiat-kiat meningkatkan peringkat maupun mendapatkan predikat Sinta untuk akreditasi nasional.

“Kami dari pimpinan Unud sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tahapan-tahapan yang dilakukan di JUPI dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan Unud Jurnal menuju akreditasi nasional dan indeksasi global, tentunya dengan tujuan untuk mendampingi serta menyiapkan jurnal-jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi, dan beberapa jurnal baru yang belum terakreditasi perlu menyiapkan diri untuk mengajukan akreditasi sinta,” tambah Wakil Rektor.

Selain itu, dengan kegiatan ini juga diharapkan pengelola jurnal semakin bersemangat kedepannya, sehingga jurnal yang belum terakreditasi segera bisa terakreditasi, dan yang peringkatnya belum maksimal bisa di tingkatkan lagi sampai sinta 1. 7

Komentar