nusabali

Peserta Jalan Santai HUT Koperasi Membeludak

  • www.nusabali.com-peserta-jalan-santai-hut-koperasi-membeludak

Sekda Karangasem, I Gede Adnya Muliadi melepas peserta gerak jalan santai HUT Koperasi di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati Amlapura, Jumat (28/6).

AMLAPURA, NusaBali

Peserta jalan sehat membeludak. Para peserta menempuh jarak 5 kilometer. Start dan finis di GOR Gunung Agung. Setiap peserta akan dapat kupon undian berhadiah.

Jalan santai HUT Koperasi ini diramaikan oleh utusan dari 204 koperasi, ditambah siswa SD, SMP, SMA, dan mahasiswa STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan) Agama Hindu Amlapura. Tak ketinggalan anggota TNI/Polri serta sejumlah pejabat Pemkab Karangasem. Peserta jalan santai menelusuri Jalan Untung Surapati berlanjut ke Jalan Veteran Amlapura kemudian berbalik melintasi jalan di Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, kemudian menyusuri pematang sawah dan kembali ke GOR Gunung Agung.

Di GOR Gunung Agung itulah seluruh kupon berhadiah dipegang peserta diundi untuk mendapatkan hadiah. Kepala Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Karangasem I Gede Yudiantara mengatakan jalan santai digelar tiap tahun kali ini jelang HUT ke-72 Koperasi yang puncaknya dirayakan 12 Juli. Tujuannya untuk menjaga kebersamaan antar keluarga besar Koperasi se-Karangasem. “Sebab jika koperasi maju, masyarakat sejahtera, terutama anggota yang bernaung di koperasi itu,” katanya.

Walau diakuinya dari 314 koperasi yang ada di Karangasem yang aktif hanya 204 koperasi dengan 112.383 anggota, tidak aktif 116 koperasi. Sedangkan yang wajib RAT 198 koperasi yang melaksanakan RAT sebanyak 177 koperasi, yang belum RAT 21 koperasi. Sekda I Gede Adnya Muliadi berharap Dinas Koperasi dan UKM terus gencar melakukan pembinaan agar keberadaan koperasi tidak stagnan. “Jika sumber daya manusianya kurang optimal agar dilakukan pelatihan, kurang modal bisa diupayakan pinjaman lunak,” pintanya. *k16

Komentar