nusabali

Purnawirawan TNI AD Rayakan Hari Juang Kartika

  • www.nusabali.com-purnawirawan-tni-ad-rayakan-hari-juang-kartika

AMLAPURA, NusaBali - Ratusan purnawirawan TNI AD bersama TNI AD aktif dan Masyarakat, merayakan Hari Juang Kartika TNI AD 2023 ke-78. Perayaan diisi kegiatan jalan santai yang dilaksanakan PPAD (Persatuan Purnawirawan TNI AD) Karangasem, di Jalan Veteran, Amlapura, Minggu (7/1).

Puncak perayaan itu pada 15 Desember 2023. Karena ada halangan sehingga baru digelar dengan menghadirkan pensiunan TNI AD, mengundang TNI AD aktif, anggota Persit (Persatuan Istri Tentara) Kartika Chandra, anggota Pepabri (Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), dan Warakawuri (istri tentara atau purnawirawan yang ditinggal mati suaminya).

Ketua Panitia I Nyoman Sawitra yang mengoordinasikan acara. Hadir juda Dandim Karangasem Letkol Inf Sutikno, Ketua PPAD I Nyoman Suripta, Sekretaris PPAD Karangasem I Wayan Sujana, dan pengurus lainnya.

Sawitra memaparkan, Hari Juang Kartika TNI AD itu, yang sebelumnya bernama Hari Infanteri, mengadakan jalan santai mengajak anggota dan masyarakat agar tetap menjaga fisik tetap bugar. Selain itu, mengenang sejarah pertempuran perang di Ambarawa, yang dilakukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dipimpin Jenderal Soedirman, November-Desember 1945.

Perang itu, jelasnya, terjadi setelah tentara sekutu mendarat 20 Oktober 1945, di bawah pimpinan Brigjen Bhetel. Selama perang tentara sekuu terjepit, hingga TKR berhasil memukul mundur 15 Desember 1945, mengusir sekutu dari Ambarawa hingga pindah ke Semarang. Sehingga setiap 15 Desember diperingati Hari Juang Kartika “Kami merayakannya secara sederhana untuk mengenang perjuangan TKR mengusir tentara sekutu,” jelas I Nyoman Sawitra.

Dandim  Letkol Inf Sutikno juga mengingatkan, sejarah perang di Ambarawa menjadikan bangsa ini jadi besar dan kuat. “Mari bercermin dari sejarah, agar bangsa kita ini bisa lebih maju,” katanya.7k16

Komentar