nusabali

Gilas Brighton, ManCity Ancam Arsenal

  • www.nusabali.com-gilas-brighton-mancity-ancam-arsenal

BRIGHTON, NusaBali - Manchester City menggilas tuan rumah Brighton & Hove Albion 4-0, dalam laga tunda pekan ke-29 Liga Premier Inggris, di Stadion Amex Falmer, Brighton, Jumat (26/4) dinihari WITA. Gol City dicetak Phil Foden dua gol, dan dua gol lainnya dicetak Kevin de Bruyne dan Julian Alvarez.

Kemenangan itu membuat City naik ke peringkat dua dengan 76 poin dari 33 laga. Kini tim asuhan Pep Guardiola itu mengancam pemimpin puncak klasemen Arsenal, dengan 77 poin. Namun City menyimpan satu laga lebih banyak. Sedangkan Brighton di peringkat 11 dengan 44 poin dari 33 laga.

Usai kemenangan itu, pelatih City Josep Guardiola meminta timnya harus memenangkan setiap laga tersisa untuk menggeser Arsenal. Guardiola juga mewanti-wanti Liverpool tetap dalam perburuan gelar Premier League, meskipun The Reds menelan hasil pahit di laga terakhir kalah 0-2 dari Everton. 

Dengan hasil iru, City menggeser Liverpool di peringkat kedua pada klasemen sementara dengan 76 poin dan menyimpan satu laga di tangan. Mereka tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen, Arsenal, sudah memainkan 34 laga.

Liverpool mengalami kekalahan mengejutkan 2-0 dari Everton, sebuah hasil yang membuat mereka gagal menutup jarak dengan Arsenal, yang menggilas Chelsea 5-0. Namun, Guardiola memperkirakan ada lika-liku yang akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

Ditanya apakah Liverpool masih dalam persaingan setelah kemenangan City, Guardiola mengatakan dengan jelas bahwa sang rival masih berada dalam jalur perburuan.

"Ya. Banyak hal yang bisa terjadi. Apa yang terjadi dengan Liverpool, kalah dari Crystal Palace dan Everton, dapat terjadi pada kami," kata Guardiola.

"Itu juga bisa terjadi pada Arsenal. Tidak ada yang aman. Kami harus beristirahat. Sekarang ini hanya tentang memulihkan diri untuk pertandingan berikutnya,”kata Guardiola. 

Kemenangan besar The Citizens di kandang Brighton membuat mereka memangkas keunggulan selisih gol Arsenal menjadi delapan gol. Namun Guardiola yakin akan sulit bagi timnya untuk menutup jarak tersebut

Dengan dua gol di laga kali ini, Foden jadi pemain ketiga yang mencetak 50 gol di Liga Primer Inggris, setelah Erling Haaland dan Lionel Messi.

Kini Foden favorit dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Premier League musim ini. Sedangkan Guardiola percaya Foden seharusnya masuk dalam persaingan, dimana dirinya mengatakan pemainnya itu lebih mementingkan penghargaan tim.*

Komentar