nusabali

PSG Tertekan, Kylian Mbappe Pede Menang

Dortmund Waspada, Lawan Pernah Comeback Atas Barca

  • www.nusabali.com-psg-tertekan-kylian-mbappe-pede-menang

PARIS, NusaBali - Paris Saint Germain  (PSG) dalam tekanan saat akan menjamu Borussia Dortmund, dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024, di Parc des Princes, Paris, Rabu (8/5) dinihari, pukul 03:00 WITA. Meski demikian, bintang PSG Kylian Mbappe tetap percaya dirinya tim akan comeback dan menang.

Ya, PSG kalah 0-1 dari Dortmund pada leg pertama di Jerman, melalui gol Niclas Fullkrug di menit 36. Meski kalah di leg pertama, jalan PSG ke final masih terbuka. Mbappe dkk perlu comeback atas Dortmund, seperti yang mereka lakukan pada Barcelona di babak sebelumnya.
Bagi PSG, ini sebuah tantangan dan tak mudah untuk mewujudkannya. Terlebih lagi, akhir pekan lalu, Marco Reus dkk mampu memanaskan mesin jelang lawatan ke Paris nanti dengan menghajar Augsburg 5-1 di Bundesliga. 

Namun, PSG diuntungkan dengan waktu istirahat dan persiapan yang cukup ideal. Pasalnya, di babak sebelumnya, PSG diberi 'libur' pihak Ligue 1 setelah leg pertama. Tanpa laga liga di akhir pekan lalu, PSG dapat fokus penuh pada duel leg kedua. 

Dalam laga fase grup musim ini, PSG pernah mengalahkan Dortmund 2-0 di Parc des Princes, lewat penalti Mbappe dan Achraf Hakimi. Sedangkan pertemuan kedua di kandang lawan, PSG mampu menahan Dortmund 1-1

Kendati kalah di laga pertama, PSG masih diunggulkan lolos ke final dengan Kylian Mbappe sebagai motor serangan. Top scorer sepanjang masa PSG itu secara konsisten menunjukkan keinginan menyabet gelar Liga Champions pertamanya untuk PSG. Ini menjadi cara Mbappe memberi kenangan manis bagi PSG sebelum pindah ke Real Madrid pada musim panas 2024.

Musim ini, PSG mengamankan gelar juara Ligue 1 Prancis dan juga tembus final Piala Prancis. Kini, Mbappe pun merasa percaya diri dan optimistis menjelang pertandingan penting leg kedua di kandang saat menjamu Dortmund.

"Kami merasakan tekanan, tapi tim ini sangat tenang. Kami yakin dan yakin bahwa kami akan mencapai final," ungkap Mbappe, Senin (6/5). 

Sepanjang sejarah, PSG hanya pernah mencapai satu kali final Liga Champions, yakni pada 2020. Namun, PSG yang saat itu masih diperkuat Neymar harus merelakan piala “si kuping lebar” itu kepada raksasa Jerman, Bayern Munchen.

Namun Dortmund bukan lawan yang dapat diremehkan. Tim asuhan Edin Terzic siap berusaha maksimal membawa Dortmund ke final setelah terakhir kali pada 2013. Selain itu, Reus mungkin akan lebih bekerja keras mempersembahkan trofi bergengsi itu kepada klub kesayangannya setelah memutuskan hengkang di akhir musim.

Meski mampu membungkam PSG, striker Dortmund Niclas Fullkrug mengingatkan rekan setimnya untuk tak jemawa karena PSG pernah comeback di kandang Barcelona (kalah 2-3 Paris dan menang 4-1 di Camp Nou). Fullkrug mengaku senang Dortmund berhasil mengalahkan PSG. Namun, dia mengingatkan masih ada laga leg kedua. *

Prediksi Starting XI 
PSG (4-3-3): Donnarumma; Mendes, Beraldo, Marquinhos, Hakimi; Ruiz, Vitinha, Zaire-Emery; Mbappe, Muani, Dembele. Pelatih: Luis Enrique.
Info skuad: Hernandez (cedera), Rico (cedera), Kurzawa (cedera).
B Dortmund (4-2-3-1): Kobel; Maatsen, Schlotterbeck, Hummels, Ryerson; Can, Sabitzer; Adeyemi, Brandt, Sancho; Fullkrug. Pelatih: Edin Terzic. Info skuad: Bensebaini (cedera), Haller (cedera), Duranville (cedera).

Lima Laga Terakhir
02-05-2024 Dortmund 1-0 PSG (UCL)
14-12-2023 Dortmund 1-1 PSG (UCL)
20-09-2023 PSG 2-0 Dortmund (UCL)
12-03-2020 PSG 2-0 Dortmund (UCL)
19-02-2020 Dortmund 2-1 PSG (UCL)

Komentar