nusabali

Manchester City Terus Pepet Arsenal

Ipswich Promosi, Elkan Baggott Berpeluang Main di EPL

  • www.nusabali.com-manchester-city-terus-pepet-arsenal

LONDON, NusaBali - Dua klub papan atas Liga Primer Inggris, Manchester City dan Arsenal meraih tiga poin usai kemenangan yang meyakinkan pada laga pekan ke-36, Minggu (5/5) dinihari WITA. Arsenal mengalahkan Bournemouth 3-0, sedangkan ManCity berpesta 5-1 atas Wolverhampton Wanderes.

ManCity terus menempel posisi Arsenal dengan selisih satu poin. Namun skuad asuhan Pep Guardiola masih menyisakan tiga laga tersisa melawan Fulham, Tottenham Hotspur dan West Ham United. Sedangkan Arsenal menyisakan dua laga melawan Manchester United (MU) dan Everton. Tim peringkat tiga Liverpool yang memiliki 75 poin menyisakan tiga laga melawan Tottenham, Aston Villa dan Wolves. 

Di peringkat terbawah, Sheffield yang cuma mengumpulkan 16 poin dari 36 laga dan sudah pasti terdegradasi tidak mampu berbuat banyak saat dikalahkan Nottingham Forest 1-3. Hasil itu membuat peluang Nottingham Forest untuk bertahan di Liga Inggris pada musim depan.

Burnley yang menelan kekalahan 1-4 dari Newcastle terancam menyusul Sheffield karena di posisi 19 dengan 24 poin. Pasukan Vincent Kompany itu selisih dua angka dari Luton Town di posisi 18 namun berjarak lima poin dari Nottingham Forest di posisi 17 atau zona aman dengan dua laga tersisa.

Sementara itu, Erling Haaland menorehkan empat gol saat ManCity menaklukkan Wolves 5-1. Selain empat gol Haaland, dua gol City lewat Julian Alvarez. Sedangkan gol Wolves melalui Hwang Hee-chan.

Secara statistik skuad asuhan Pep Guardiola mendominasi jalannya laga dengan mencatatkan 58 persen penguasaan bola serta melepaskan 12 tendangan tepat sasaran. 

Selanjutnya pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, ManCity akan bertandang ke markas Fulham, Sabtu (11/5), sedangkan Wolves menjamu Crystal Palace, juga Sabtu.

Sementara itu, Ipswich Town kembali ke Liga Inggris kasta tertinggi atau Premier League untuk pertama kalinya sejak 2002, usai mengalahkan Huddersfield 2-0, Sabtu (4/5). Sukses Ipswich itu membuat bek Timnas Indonesia Elkan Baggott berpeluang merumput di Premier League.

Ipswich menyelesaikan musim dengan 96 poin, hanya satu poin lebih sedikit dari juara bertahan Leicester. Ipswich juga jadi tim pertama sejak Southampton pada 2011/2012 yang naik dari kasta ketiga ke kasta pertama dalam musim berturut-turut.

Adapun satu tiket promosi Premier League masih akan ditentukan Leeds United, Southampton, West Bromwich Albion, dan Norwich City melalui play-off.

Dari laman resmi Ipswich Town, Elkan Baggott masih memiliki kontrak hingga Juni 2025. Namun melihat karier Baggott, Ipswich belum memercayakan sepenuhnya bek jangkung itu mengisi slot Utama tim. Baggot hanya beberapa kali bermain di Carabao Cup.

Pada medio musim 2023/2024, Baggott dipinjamkan ke Bristol Rovers. Kini ia sudah kembali ke Ipswich Town dan ada kemungkinan diizinkan membela Timnas Indonesia U-23 pada play-off Olimpiade 2024 Paris. *

Komentar