nusabali

Wabup Suiasa Hadiri Penutupan Swarapala Festival I

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-penutupan-swarapala-festival-i

MANGUPURA, NusaBali - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri sekaligus menutup secara resmi kegiatan Swarapala Festival I Tahun 2024 di Jaba Sisi Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Minggu (21/4).

Kegiatan Swarapala Festival I yang digelar 20-21 April 2024 merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh Komunitas Seni Swarapala, Lingkungan Muncan, Kelurahan Kapal, Mengwi dengan melombakan Baleganjur Ngarap se-Bali.

Turut hadir Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha, Kabid Pemasaran Pariwisata Ni Luh Ayu Rai  Saridarmini, juri I Wayan Sudirana, Putu Tiodore Adibawa, dan Andi Pastika Putra serta masyarakat setempat. Penutupan Swarapala Festival I juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berupa piala, piagam, dan uang tunai.

Wabup Suiasa mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan tersebut. Wabup Suiasa menyebut, kegiatan Swarapala Festival merupakan kegiatan positif dalam rangka menjaga dan melestarikan kesenian tradisional warisan leluhur. Karenanya, kegiatan Swarapala Festival dibantu dana kegiatan Kesra sebesar Rp 30 juta. Bantuan dana tersebut merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemkab Badung dalam melestarikan adat, seni, dan budaya warisan leluhur.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi daripada kegiatan Swarapala Festival I. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dalam melestarikan adat dan budaya warisan leluhur kita,” ujar Wabup Suiasa.

Menurutnya, dalam kegiatan ini generasi muda telah tampil dan mengambil peran begitu besar berkiprah di bidang seni dan budaya. Kegiatan ini benar-benar mempersatukan para komunitas seni muda dari berbagai latar belakang budaya, karakter, dan seni di daerahnya masing-masing.

Dirinya pun berharap kegiatan Swarapala Festival tersebut bisa berkelanjutan, sehingga para generasi muda bisa meneruskan mengembangkan bakat dan seninya. “Kegiatan ini sudah membuktikan memberikan atau mewujudkan rasa bangga. Maka tidak ada alasan bagi kita bahwa kegiatan ini berhenti hanya di sini saja. Saya berharap kegiatan ini bergelora di tahun-tahun berikutnya,” harap Wabup Suiasa.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara I Putu Bayu Mahendra Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wabup Suiasa yang sudah mendukung dan memfasilitasi kegiatan Swarapala Festival tersebut. Dijelaskan, kegiatan Swarapala Festival I yang diselenggarakan oleh Komunitas Seni Swarapala, Lingkungan Muncan Kelurahan Kapal mengusung tema ‘Suluh Sundih’ yang berarti Api Cerminan Spirit Kreativitas. Kegiatan Swarapala Festival I melombakan Baleganjur Ngarap yang diikuti 23 sekaa Baleganjur dari seluruh Bali.

Terima Kasih kami sampaikan kepada Wakil Bupati dan pemerintah Kabupaten Badung yang sudah mendukung terselenggaranya Swarapala Festival yang tahun ini menjadi event Swarapala Festival yang pertama/perdana. Semoga bisa diteruskan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

“Swarapala festival dengan tema Suluh Sundih ini bertujuan untuk memberi ruang kreativitas kepada seluruh sekaa gong, yowana, sanggar, Komunitas seni di seluruh Bali untuk berkarya khususnya baleganjur ngarap. Sekaligus sebagai bentuk pelestarian adat seni dan budaya Bali,” imbuhnya. @ ind

Komentar