nusabali

Anggaran Rp 8 M, Badung Ikuti Semua Materi PKB 2024

  • www.nusabali.com-anggaran-rp-8-m-badung-ikuti-semua-materi-pkb-2024

MANGUPURA, NusaBali - Ajang tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) memasuki pelaksanaan ke-46 kalinya pada tahun ini. Kabupaten Badung bersiap untuk mematangkan kesiapan para duta yang akan tampil mengisi agenda PKB selama sebulan penuh mulai pertengahan Juni 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan untuk tahun ini, Kabupaten Badung mengikuti semua materi PKB. Adapun total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 8 miliar.

“Kalau tidak salah ada 22 materi PKB tahun ini. Kami menyiapkan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Kami mengupayakan secara administrasi, agar biaya-biaya yang diperlukan atau biaya yang merupakan dukungan dana dari Pemkab Badung terhadap duta-duta itu bisa disampaikan di awal,” ungkapnya, Sabtu (27/4).

Mantan Camat Petang itu melanjutkan, untuk duta yang mewakili dipilih merata dari enam kecamatan yang ada di Gumi Keris. Mengenai persiapan, kata Sudarwitha, masing-masing duta sudah mulai berproses sejak akhir 2023. Hal ini dilakukan agar persiapan tersebut tidak terkesan mendadak. Sehingga para duta Kabupaten Badung dapat mempersiapkan diri dengan matang.

“Kami persiapan sudah dari akhir 2023, dan kami dalam penunjukan duta itu tidak semata-mata menunjuk yang terbaik dari seniman dan penggiat seni yang ada, namun kami mendorong agar terjadi pemerataan,” jelasnya sembari menyebut duta yang tampil wajib 60 persen berasal dari banjar atau desa bersangkutan.

Sedangkan untuk pawai PKB, kata Sudarwitha, duta Kabupaten Badung akan mengangkat Upacara Pitra Yadnya yang dikolaborasikan dengan pemetasan barong kolosal. Berdasarkan informasi yang diterima, Kabupaten Badung mendapat urutan kedelapan dalam pawai PKB yang akan berlangsung di areal Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Denpasar.

“Dalam pawai terrsebut akan mengangkat Upacara Pitra Yadnya atau Ngaben. Tapi kami akan mengolaborasikan dengan pementasan barong kolosal. Walaupun waktunya sedikit, tapi kami akan susun koreografinya,” kata Sudarwitha. 7 ind

Komentar