nusabali

Relawan Pemadam Kebakaran Dibekali Pelatihan

  • www.nusabali.com-relawan-pemadam-kebakaran-dibekali-pelatihan

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung menggelar pelatihan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Rabu (17/4). Pembukaan dihadiri langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa.

Wakil Suiasa memberikan apresiasi atas terlaksananya pembentukkan relawan pemadam kebakaran. Hal ini sebagai upaya kesiapsiagaan wilayah terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Badung. “Kegiatan pelatihan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan jaminan serta proteksi kenyamanan, keamanan, keselamatan untuk masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya resiko kebakaran,” ujar Wabup Suiasa.

Dikatakan, bencana kebakaran akan menimbulkan beban mental dan trauma terhadap korban kebakaran itu sendiri. Bagi pemerintah menjadi suatu kewajiban untuk bisa mewujudkan rasa nyaman, aman bagi masyarakat.

“Kita menyadari untuk mewujudkan itu semua pemerintah tidak bisa sendiri, perlu ada sinergi, ada kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, salah satunya melalui pembentukan relawan pemadam kebakaran ini yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa yang juga diberi tugas untuk menyosialisasikan tentang teknik dan keterampilan penanganan kebakaran, karena itu tidak sekedar menyiramkan air saja tapi itu merupakan sebuah skil dan ilmu,” kata Wabup asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Sementara Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung Wayan Wirya, mengatakan pelatihan relawan kebakaran dihadiri perwakilan dari lima kecamatan, kecuali Kecamatan Petang yang sudah selesai dilaksanakan pada 2023. Namun, pengukuhannya akan dilaksanakan bersamaan pada 29 April 2024 yang melibatkan semua perwakilan dari masing kecamatan se-Badung dengan jumlah 325 orang.

“Diharapkan melalui kegiatan ini akan terbentuk satuan masyarakat yang terampil dalam mengantisipasi bahaya kebakaran dini di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” harap Wirya. 7 asa

Komentar