nusabali

Wabup Suiasa Dipanggil ke Lenteng Agung

Konsolidasi Internal Pasca Pileg dan Pilpres 2024

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-dipanggil-ke-lenteng-agung

MANGUPURA, NusaBali - Wakil Bupati (Wabup) Badung I Ketut Suiasa diundang mengikuti konsolidasi di Sekolah Partai PDI Perjuangan di Jalan Lenteng Agung, Jakarta. Undangan itu merupakan perintah Ketua DPP PDI Perjuangan, Prananda Prabowo dalam rangka konsolidasi kepala daerah se-Indonesia.

Ditemui usai konsolidasi internal di DPC PDIP Badung, Minggu (28/6) sore, Suiasa membenarkan telah mengikuti konsolidasi tersebut. Dirinya menjadi satu-satunya kader yang diundang dari Kabupaten Badung. Sedangkan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta tidak diundang lantaran sudah menjabat dua kali sebagai kepala daerah.

“Jadi undangan tersebut kepala dan wakil kepala daerah yang masih punya kesempatan untuk maju menjadi calon. Nah, pak bupati (Giri Prasta,red) sudah dua periode. Pak Giri tidak hadir karena beliau dari sisi masa jabatan bupati sudah tidak bisa lagi mencalonkan diri. Maka beliau tidak diundang. Saya karena wakil bupati, masih diundang,” ujar politisi asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini.

Dalam undangan tersebut, kata Suiasa seluruh kepala dan wakil kepala daerah diminta untuk melakukan evaluasi elektoral berdasarkan hasil pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2024 yang telah berlangsung. Evaluasi ini sebagai bahan pemetaan politik dalam mempersiapkan pilkada di masing-masing daerah.

“Kelanjutan dari hasil evaluasi kerja elektoral kita disuruh membuat pemetaan politik, tantangan dan peluang kita ke depan dalam menghadapi pilkada di masing-masing daerah,” ungkap mantan Ketua DPD II Golkar Badung ini.

Setelah konsolidasi kepala daerah se-Indonesia, lanjut Suiasa, PDIP juga akan melakukan Rakernas dalam waktu dekat untuk membahas perubahan-perubahan yang signifikan, termasuk agenda Pilkada 2024. “Intinya adalah kita kepala daerah dan wakil kepala daerah diminta untuk melakukan kerja elektoral mulai dari sekarang untuk persiapan menghadapi pilkada. Apapun nanti hasil keputusan partai soal calon yang diusung, itu hak prerogatif ketua umum,” kata Suiasa.

Sementara itu ditanya soal peluang menjadi Calon Bupati (Cabup) Badung, Suiasa menilai setiap kader memiliki peluang. Dirinya mengaku tunduk dan patuh dengan partai, terlepas siapapun nantinya yang akan direkomendasikan. “Di Badung ini sangat kaya akan kader, dan kader-kader di Badung ini adalah kader-kader yang baik. Saya rasa semua memiliki kinerja yang baik,” tegasnya.ind

Komentar