nusabali

Diskes Pastikan Dana Fogging Masih Aman

  • www.nusabali.com-diskes-pastikan-dana-fogging-masih-aman

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli untuk tahun 2024 mengalokasikan anggaran kegiatan fogging Rp 270.816.000. Meskipun banyak ada kasus demam berdarah, Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli memastikan dana fogging ini masih aman.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Bangli, I Nyoman Sudarma mengatakan peningkatan kasus deman berdarah yang terjadi belakangan ini hampir merata terjadi di seluruh kabuaten/kota di Bali. 

Jumlah kasus deman berdarah berdasarkan data dari masing- masing Puskesmas hingga bulan Februari sebanyak 138 kasus yang tersebar di empat kecamatan. Untuk kecamatan Bangli sebanyak 112 kasus, Kecamatan Tembuku 7 kasus dan Kecamatan Kintamani 5 kasus serta Kecamatan Susut 19 kasus. 

Guna menekan penyebaran penyakit demam berdarah, lanjut Sudarma, ketika ada temuan kasus maka  pihak dinas menyikapi dengan turun melakukan fogging. Dalam kurun waktu sebulan tim turun melakukan fogging di 16 titik. "Foging dilakukan jika ada temuan kasus, belakangan ini  permintaan fogging memang  meningkat untuk pengaturan waktu pelaksanaan  fogging dilakukan secara bergilir,” ungkapnya Senin (1/4).

Lanjutnya, untuk menunjang kegiatan fogging pemerintah daerah mengalokasikan anggran Rp 270.816.000. Hingga bulan Maret anggaran foging yang sudah terserap hampir Rp 50 juta. "Untuk anggaran foging masih aman jika dirasa kurang kami akan usulkan di perubahan,” sebutnya.  

Diingatkan, untuk pencegahan penyebaran penyakit DB  dapat dilakukan melalui pemberatsan sarang nyamuk melalu gerakan 3 M yakni menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat-rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang jadi potensi  tempat berkembang biaknya nyamuk.7esa

Komentar