nusabali

BPBD Karangasem Siagakan Alat Berat

Antisipasi Longsor di Jalur Pura Besakih

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-siagakan-alat-berat

AMLAPURA, NusaBali - Guna mengantisipasi terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di jalur Pura Besakih, selama Karya Ida Bhatara Turun Kabeh, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menyiagakan alat berat jenis eskavator, mobil derek, dan mobil crane.

Semua peralatan disiagakan, sehingga begitu terjadi longsor, langsung melakukan penanganan, agar kendaraan pemedek tidak terganggu.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Nenas Amlapura, Senin (18/3). Ida Ketut Arimbawa mengatakan telah berkoordinasi dengan BPBD Klungkung, BPBD Provinsi Bali dan Panitia Karya Ida Bhatara Turun  Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih.

Sebab, kata Ida Ketut Arimbawa, secara rutin selama Karya Ida Bhatara Turun Kabeh berlangsung, selalu menyiagakan alat berat, mobil derek, dan mobil crane. Apalagi di jalur Pura Besakih terutama memasuki Banjar Menanga Kangin dan Banjar Tegenan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang rawan longsor dan pohon tumbang. Juga rawan longsor di jalur Banjar Kunyit menuju Pura Dalem Puri Besakih.

“Imbauan untuk pemedek agar berhati-hati melintas jalur Banjar Menanga Kangin dan Banjar Tegenan menuju Pura Besakih telah kami lakukan melalui siaran di RRI,” katanya

Sedangkan koordinasi dengan Panitia Karya, BPBD Klungkung dan BPBD Provinsi Bali, kata Ida Ketut Arimbawa, secepatnya bersurat. Seluruh pamedek nantinya memasuki Terminal Banjar Kedundung dan Gedung Parkir Pura Manik Besakih, wajib melalui jalur selatan Banjar Menanga Kangin dan Banjar Tegenan. Jalur ini rawan longsor, apalagi memasuki musim hujan.

Ida Ketut Arimbawa mengapresiasi adanya jasa servis gratis berasal dari perkumpulan bengkel mobil di Bali, terpusat di Terminal Banjar Kedundung. Servis ini memudahkan kendaraan pemedek yang mengalami masalah.

Sekretaris PMI Karangasem I Wayan Suara juga mengapresiasi adanya pangayah, dari perkumpulan bengkel di Bali yang menyediakan jasa servis gratis. Sehingga jika ada kendaraan pemedek bermasalah, bisa cepat dapat penanganan. "Perkumpulan bengkel mobil itu rutin tiap tahun ngayah,” katanya.

Di bagian lain, Kepala Operasional Polres Karangasem Kompol I Nengah Subangsawan memberlakukan agar tidak ada pamedek yang melakukan persembahyangan di tepi jalan Banjar Tegenan, tepi Sungai Arca. Sebab, adanya kendaraan pemedek yang parkir di saat ribuan kendaraan pemedek hendak melintas ke Pura Besakih, memicu kemacetan, di samping di lokasi itu rawan longsor.7k16

Komentar