nusabali

Pohon Tumbang Timpa Panyengker Pura

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-panyengker-pura

Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp 50 juta.

MANGUPURA, NusaBali
Cuaca ekstrem belakangan ini patut diwaspadai karena banyaknya pohon bertumbangan. Salah satunya, sebuah pohon beringin tumbang menimpa asagan dan tembok panyengker Pura Dalem Lingsir Jalan Jemeng, Banjar Pemijian, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Senin (22/4). Kerugian ditaksir sekitar Rp 50 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Informasi yang dihimpun, pohon beringin tumbang terjadi sekitar pukul 07.20 Wita. “Ya ada pohon tumbang yang menimpa Pura Dalem Lingsir. Tim dibantu stakeholder terkait langsung melakukan penanganan di lokasi,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung I Wayan Darma.

Dari hasil asesmen di lapangan, pohon beringin berdiameter 15x3 meter tersebut tumbang diakibatkan cuaca ekstrim dan hujan deras. “Cuaca ekstrem dan hujan deras serta akar beringin yang sudah lapuk menyebabkan pohon beringin tumbang menimpa tembok panyengker pura hingga roboh dan menutup akses jalan,” jelas mantan Camat Petang ini.

Akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta. Sesuai dengan kebijakan Pemkab Badung, kata Darma, bagi masyarakat maupun kelompok masyarakat yang mengalami kerugian materil dapat mengajukan permohonan bantuan. Hal ini sesuai dengan ketentuan dan permohonan ditujukan kepada Bupati Badung.

Kemudian, dari permohonan tersebut akan diturunkan Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna). “Untuk bantuan itu (kebencanaan), menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga,” sebut Darma. 7 ind

Komentar