nusabali

Ribuan Pamedek Tangkil ke Pura Dasar Buana Gelgel

  • www.nusabali.com-ribuan-pamedek-tangkil-ke-pura-dasar-buana-gelgel

SEMARAPURA, NusaBali - Ribuan pamedek tangkil sembahyang ke Pura Dasar Buana, Desa Adat Gelgel, Kecamatan/Kabupaten Klungkung serangkaian piodalan pada Pamacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (4/3).

Manggala Karya yang juga Bendesa Adat Gelgel, Putu Gede Arimbawa mengatakan, piodalan dilaksanakan selama 3 hari, nyineb pada Wraspati Pon Kuningan, Kamis (7/3). “Kami kerahkan pangayah sekitar 60 orang dari masing-masing banjar di Desa Adat Gelgel untuk nyanggra upakara selama karya,” ujar Arimbawa, Selasa (5/3).

Pamacekan Agung di Pura Dasar Buana Gelgel dipuput Ida Pedanda Gede Jumpung dan Ide Dalem Surya Soghata. Sulinggih yang muput di Pura Puseh yakni Ida Peranda Gede Kediri dan di Pura Melanting dan Bale Agung dipimpin pamangku. Polres Klungkung menerjunkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan persembahyangan di Pura Dasar Buana Gelgel. Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika mengatakan, pengamanan di lokasi sekitar pura, parkir, dan persimpangan jalan. “Kami bersinergi dengan pecalang,” ujar Kompol Suastika. 7 wan

Komentar