nusabali

Wahana Tukar Inovasi tentang Kemitraan dan Tata Kelola Media Kehumasan

Pemkot Denpasar Bersama Forum Wartawan Sambangi DKI Jakarta

  • www.nusabali.com-wahana-tukar-inovasi-tentang-kemitraan-dan-tata-kelola-media-kehumasan

DENPASAR, NusaBali - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Denpasar bersama Forum Wartawan Denpasar melaksanakan Pekan Informasi Peningkatan Wawasan SDM di Pemprov DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut untuk mempelajari kemitraan dan tata kelola media kehumasan, serta tema pendamping yakni penanganan stunting, penanganan kemiskinan ekstream, dan tata kelola persampahan.

Kunjungan dipimpin Kabag Prokopim Setda Kota Denpasar Cokorda Gede Partha Sudarsana, diterima Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta Raides Haryanto di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/4). Turut mendampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta Koharudin beserta jajaran. Sementara rombongan Pemkot Denpasar didampingi Direktur Utama RSUD Wangaya dr AA Made Widiasa serta Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Ida Bagus Gede Arsana.

“Diperlukan langkah strategis di tengah perkembangan digitalisasi saat ini, utamanya berkaitan dengan tata kelola media kehumasan baik cetak, online, dan elektronik guna meningkatkan citra positif pemerintah,” kata Cok Partha.

Dipilihnya Pemprov DKI Jakarta, menurut Cok Partha, sangat erat kaitannya dengan posisinya sebagai kota metropolitan. Sehingga melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengetahui dan mempelajari strategi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam menjalankan kebijakan maupun program-program yang ada. Terlebih, DKI Jakarta menjadi barometer pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

Beberapa inovasi telah dipelajari, mulai dari Super App Jak Lingko, Jala Hoaks, Jakarta Smart City, Transformasi Digital Kehumasan, Satu Data Jakarta, Tata Kelola Berita Jakarta, serta inovasi lainya yang akan menjadi contoh di Kota Denpasar. 

“Bicara pemerintah daerah, ukuran yang pertama dilihat adalah DKI Jakarta dulu dengan kompleksitas permasalahan yang ada, bagaimana strategi dari pemda menurunkannya. Ini yang kita tiru, kita bisa belajar kemudian mengimplementasikannya disesuaikan dengan kondisi yang ada. Ada tata kelola media, ada strategi publikasi serta kemiskinan, stunting, dan sebagainya,” ucap Cok Partha.

“Momentum ini mari kita manfaatkan sebagai wahana sharing inovasi mengenai kemitraan dan tata kelola media, serta inovasi dan strategi bidang kehumasan dalam membangun prestasi dan citra positif pemerintah dan pimpinan di mata masyarakat, guna mendukung kemajuan kedua daerah baik Kota Denpasar maupun DKI Jakarta,” imbuhnya. 

Raides Haryanto menyatakan momentum ini untuk meningkatkan kolaborasi dan saling berbagi inovasi untuk kemajuan bersama. “Kami mengucapkan terima kasih atas dipilihnya DKI Jakarta sebagai lokasi kunjungan. Besar harapan kami beragam inovasi yang ada dapat saling tukar dan pelajari untuk kebaikan kedua kota, serta tentunya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” kata Raides Haryanto. 

Di akhiri sesi dilaksanakan tukar cenderamata, bahan promosi pariwisata, buku-buku perjalanan kota serta berfoto bersama. @ mis

Komentar