nusabali

BPBD Denpasar Tangani Bunut Raksasa

Timpa Tembok Penyangga Krematorium Santha Yana

  • www.nusabali.com-bpbd-denpasar-tangani-bunut-raksasa

DENPASAR, NusaBali - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menangani pohon jenis Bunut berukuran raksasa yang tumbang di Krematorium Santha Yasa, Kelurahan Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Timur, Kamis (22/2). Pohon setinggi sekitar 10 meter dengan diameter 3 meter yang tumbang pada Senin (19/2) malam tersebut menjebol tembok Krematorium Santha Yana.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPDB Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Budhita, saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (22/2) mengatakan, pohon jenis Bunut yang tumbang ini tidak memakan korban. Namun menghancurkan tembok penyangga Krematorium Santha Yana yang berada di pinggir sungai tersebut.

“Kita turun dari lintas OPD, karena pohon Bunut ini sangat besar sekali. Tingginya sekitar 10 meter, diameter lingkar pohon paling tidak ada 3 meter. Dampak dari pohon tumbang ini menimpa tembok pada penyangga Krematorium Santha Yana yang tepat dipinggir sungai,” ujar Budhita.

Berdasarkan keterangan Budhita, kegiatan penanganan sudah dilaksanakan mulai Selasa (21/2) dengan melibatkan personel dari Dinas Lingkungan Hidup (DLK), Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemadam Kebakaran, BPDB Provinsi Bali dan BPDB Denpasar. 

Kata dia, diduga penyebab tumbangnya pohon tersebut karena kondisi tanah di sekitarnya yang erosi atau penurunan tingkat air tanah. “Untung tidak ada korban jiwa. Kita lakukan antisipasi biar tidak merembet ke sekitarnya, karena rusaknya tembok penyangga. Jadi kita bekerja dengan perlahan-lahan,” imbuh Budhita.cr79

Komentar