nusabali

Wayan Sariani Dkk Kandas di 16 Besar

  • www.nusabali.com-wayan-sariani-dkk-kandas-di-16-besar

JAKARTA, NusaBali - Timnas cricket putri Indonesia kandas atau hanya sampai babak perdelapanfinal (16 besar) Kejuaraan Asia di Malaysia pada 10-18 Februari 2024.

Tim yang dipimpin Ni Wayan Sariani itu harus mengakui ketangguhan Tim Uni Emirat Arab (UEA), dengan skor 66-122. Menurut General Manager Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Afie Fiermansyah, UEA adalah salah satu lawan kuat di ajang tersebut.

"Karena kami bukan juara grup, spot pedelapanfinal kami mendapat lawan agak sulit. Kami bertemu UEA dan kalah 66-122, sehingga target semifinal tidak tercapai. Untuk itu, akan ada review dan evaluasi," ujar Afie Fiermanayah, Jumat (16/2).

Menurut Afie, bukan kali ini saja timnas bertemu tim UEA. Mereka sebelumnya, pernah bertemu pula pada 2019. " Saat itu kami kalah juga dengan mereka," jelas Afie. 

Sebelum ke perdelapanfinal, timnas putri menjalani pertandingan di babak penyisihan lebih dulu. Mereka menang atas Qatar dan Bahrain. Kemudian kalah lawan Malaysia. 

Dengan hasil itu, timnas putri di peringkat tujuh dari 16 negara. Sedangkan  timnas putra yang bertanding pada 30 Januari-14 Februari 2024 di peringkat enam dari 10 negara. 

Timnas putra hanya sampai babak penyisihan grup, karena hanya meraih satu kemenangan. Tercatat mereka menang dari Bhutan. Lalu kalah dari Kamboja, Arab Saudi dan Thailand.

Dengan hasil itu, Afie tak menampik timnas putra mengalami penurunan sejak SEA Games 2023 Kamboja. Alfie juga mengatakan, akan ada review maupun evaluasi ke depannya. Langkah itu, kata Afie, akan dilakukam secara keseluruhan baik dari pelatih, pemain dan metode latihan.

Usai mengikuti Kejuaraan Asia, timnas cricket direncanakan mengikuti bilateral series pada April 2024 mendatang. "Nanti, akan ada bilateral series bulan April. Saat ini, masih menunggu konfirmasi dari tim peserta. Kemungkinan di Singapura dan Myanmar," kata Afie Fiermansyah. k22

Komentar