nusabali

Banjar Abasan Siapkan ‘Ajian Pudak Setegal’

  • www.nusabali.com-banjar-abasan-siapkan-ajian-pudak-setegal

DENPASAR, NusaBali.com - Semarak menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 terasa di Banjar Abasan, Jalan Kapten Regug, Gang Mawar, Denpasar Timur. Sejak awal Desember 2023, warga setempat bahu-membahu membuat ogoh-ogoh megah dengan tema ‘Pudak Setegal’.

"Kami ingin menampilkan pesan moral tentang kekuatan ilmu pengetahuan dan keseimbangan alam melalui ogoh-ogoh ini," ungkap Budastra Sunu (Bakat), Wakil dari ST Tri Eka Jaya di Banjar Abasan, Kelurahan Dangin Puri, Selasa (30/1/2024).

Ogoh-ogoh ‘Pudak Setegal’ menampilkan tiga karakter utama, termasuk seorang perempuan yang memancarkan ilmu pengetahuan dan Pudak Setegal setinggi 3,5 meter.

Meskipun proses pembuatannya terbilang sederhana dengan anggaran terbatas, semangat warga tak surut. "Hingga akhir Januari, pengerjaan sudah mencapai 80 persen," terang Bakat. "Saat ini kami memasuki tahap finishing, seperti pemasangan payasan, aksesoris, dan detail lainnya."

Penggunaan cat air sebagai pewarna menjadi solusi ekonomis. "Cat air lebih hemat dibandingkan cat minyak atau cat mobil, dan kami juga menambahkan lapisan clear untuk memberikan efek kilau," jelas Bakat.

Dengan anggaran Rp 6 juta, ST Tri Eka Jaya optimis mengikuti lomba ogoh-ogoh di Kota Denpasar. "Saat ini, dana yang sudah terpakai sekitar Rp 5 juta," imbuhnya.

Lebih dari sekadar perlombaan, Bakat berharap agar tradisi ogoh-ogoh tidak disalahartikan. "Harapan kami, STT dalam berkarya dan berkreasi seni ogoh-ogoh tidak dipandang negatif. Semoga perayaan Galungan, Kuningan, dan Nyepi tahun ini berjalan lancar tanpa kerusuhan," harapnya.

Keamanan dan keselamatan menjadi perhatian utama. "Semoga tidak ada kejadian seperti tahun sebelumnya, seperti insiden penusukan saat pengarakan ogoh-ogoh. Semoga semua masyarakat Bali dalam keadaan sehat dan selamat," tutup Bakat.

Semangat berkarya dan pesan moral yang terkandung dalam ogoh-ogoh ‘Pudak Setegal’ menjadi simbolisasi harapan dan doa masyarakat Banjar Abasan untuk menyambut Nyepi yang damai dan penuh makna. *m03

Komentar