nusabali

HMP Kriya ISI Denpasar Gelar Lomba Perdana Ogoh-Ogoh

  • www.nusabali.com-hmp-kriya-isi-denpasar-gelar-lomba-perdana-ogoh-ogoh

DENPASAR, NusaBali.com - Demi mendukung kreativitas anak-anak muda Bali di bidang kebudayaan, Himpunan Mahasiswa Prodi Kriya dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, mengadakan lomba ogoh-ogoh mini non mesin, tapel ogoh-ogoh, dan sketsa ogoh-ogoh, bertempat di Gedung Natya Mandala, ISI Denpasar, Minggu (21/4/2024).

Lomba bertajuk Akasa ini merupakan salah satu dari rangkaian acara kreatif Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Kriya ISI Denpasar. 

I Putu Ade Sastra Wiguna, selaku Ketua HMP Kriya ISI denpasar, mengatakan, acara kreatif ini merupakan acara yang setiap tahunnya dilaksanakan Kriya ISI denpasar, dan ini adalah tahun kelima. Yang menarik adalah bahwa, HMP ISI Denpasar pada tahun ini, mengadakan lomba Akasa sebagai satu-satunya mata lomba yang baru pertama kali diadakan pada tahun ini.

Putu Sastra, menyebut, alasan mendasar, HMP Kriya ISI Denpasar mengadakan lomba Akasa ini adalah bertujuan mewadahi para seniman-seniman muda Bali dalam mengembangkan kreativitas di dunia seni. 

Selain itu, HMP Kriya ISI Denpasar juga ingin menambahkan lagi kegiatan perlombaan bertemakan kebudayaan pada acara kreatif ini.

“Lomba ogoh-ogoh kali ini mendapatkan 93 peserta dari 3 kategori berbeda, yaitu lomba ogoh-ogoh mini sebanyak 30 peserta, tapel ogoh-ogoh sebanyak 32 peserta, dan sketsa ogoh-ogoh diikuti 31 peserta,” kata Putu Sastra.

Ia mengatakan, partisipasi peserta dalam ajang ini terbilang sangat tinggi. Walaupun menjadi ajang perdana dalam acara Kreatif ISI Denpasar, nyatanya jumlah peserta lomba yang mengikuti perlombaan membludak, jauh dari ekspektasi panitia. 

Sebelumnya, panitia acara hanya menargetkan total jumlah peserta dari tiga kategori tidak lebih dari 55 peserta, terdiri dari peserta sketsa 15 orang, ogoh-ogoh mini sebanyak 20 orang, dan tapel ogoh-ogoh 20 orang. 

Karena melihat antusiasme dari peserta yang sangat tinggi pada proses pendaftaran, maka panitia acara menambah kuota jumlah peserta dengan batas maksimal sekitar 30an peserta untuk masing-masing kategori.

“Itu pun dari penambahan jumlah peserta, masih ada yang tidak dapat berpartisipasi, kurang lebih sekitar 20 peserta dari tiga kategori yang dilombakan,” kata Putu Sastra. 

Menurutnya, asal para peserta yang ikut perlombaan kali ini cukup merata dari setiap wilayah di Bali. Rata-rata para peserta ini berasal dari kalangan remaja, kemudian disusul anak-anak dan dewasa. Tidak sedikit juga, para peserta adalah alumni dari Prodi Kriya ISI Denpasar. 

“Selain mewadahi seniman-seniman muda Bali untuk berkarya, acara ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan prodi Kriya, ISI Denpasar kepada masyarakat luas,” tambah Putu Sastra.

Oleh karena itu, mewakili panitia acara Kreatif 2024 ISI Denpasar, Putu Sastra mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang sudah ambil bagian dalam ajang perlombaan tahun ini, khususnya pada lomba Akasa. Bagi para peserta yang belum bisa tampil dalam ajang perdana ini, Prodi Kriya ISI Denpasar akan selalu membuka kesempatan untuk berpartisipasi dalam event selanjutnya. 

Harapannya, pada gelaran perdana ini, para peserta dapat memperoleh kesan yang positif sehingga mereka bisa ikut tampil kembali memeriahkan acara tersebut di tahun berikutnya.

Komentar