nusabali

Ogoh-Ogoh Abian Timbul Sanur Angkat Kisah Raja yang Angkuh

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-abian-timbul-sanur-angkat-kisah-raja-yang-angkuh

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Brahmarya di Banjar Abian Timbul Sanur, Denpasar Selatan, tengah mempersiapkan ogoh-ogoh untuk mengikuti lomba ogoh-ogoh di tingkat kota Denpasar. Ogoh-ogoh tersebut digarap sejak pertengahan bulan November 2023 lalu dan saat ini sudah memasuki kisaran 50 persen pengerjaan.

Menurut Gusti Agung Putu Griyastana (Gung Nyol), selaku anggota ST Brahmarya, ogoh-ogoh tersebut akan menggambarkan keangkuhan seorang raja. Ogoh-ogoh ini juga menampilkan karakter rakyat, pendeta dan seorang ksatria.

“Kami berharap, ogoh-ogoh ini dapat menjadi tontonan yang menarik dan menghibur bagi masyarakat,” ujar Gung Nyol, Kamis (11/1/2024).

Gung Nyol menambahkan, ogoh-ogoh tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti bambu sisit.

“Kami berusaha menggunakan barang-barang bekas khususnya dalam berkarya ogoh-ogoh ini. Selain untuk meminimilisir dana, kami juga berharap dapat mengurangi sampah/pencemaran,” jelasnya.

Gung Nyol berharap, ogoh-ogoh yang dibuat oleh ST Brahmarya ini dapat meraih juara dalam lomba ogoh-ogoh di tingkat kota Denpasar. Selain itu, ia juga berharap, masyarakat luas dapat menikmati karya seni ini dan makna dari ogoh-ogoh ini dapat tersampaikan.

“Kami berharap, ogoh-ogoh ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Bali kepada masyarakat luas,” pungkasnya. *mo3

Komentar