nusabali

Denfest, Dishub Denpasar Alihkan Arus Lalin

  • www.nusabali.com-denfest-dishub-denpasar-alihkan-arus-lalin

Jalan Gajah Mada dan Jalan Veteran bakal ditutup total selama gelaran Denpasar Festival pada 22–25 Desember 2023.

DENPASAR, NusaBali
Menjelang gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-16, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar akan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada 22–25 Desember 2023. Selain pengalihan arus lalu lintas, Dishub juga akan melakukan penutupan total di Jalan Gajah Mada menuju kawasan Catur Muka dan Jalan Veteran Denpasar.

Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sariawan, Minggu (17/12), mengemukakan pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kekroditan akibat dilaksanakannya Denpasar Festival. Jalan yang akan ditutup ada dua lokasi yakni Jalan Veteran dan Jalan Gajah Mada dari simpang Jalan Arjuna-Jalan Sumatra.

Pengendara yang dari Jalan Gajah Mada ke Catur Muka akan dialihkan ke Jalan Sumatra. Begitu juga dari arah Jalan Udayana akan dibelokkan ke kanan menuju arah Jalan Surapati. “Kami alihkan arusnya agar tidak mengganggu kegiatan Denfest. Tetapi untuk Jalan Udayana menuju Jalan Surapati dilakukan buka tutup. Ditutup sementara saat pembukaan saja,” kata Sriawan.

Pengalihan arus nantinya selain pada 22–25 Desember 2023, juga akan dilakukan pengalihan pada 21 Desember 2023 saat dilakukan gladi menjelang pembukaan Denfest. Sriawan mengatakan, untuk titik parkir yang disiapkan ada sebanyak 12 lokasi.

Titik parkir yang disiapkan yakni di depan Museum Bali, Jalan Sugianyar sisi utara, Jalan Kalimantan sisi timur, Jalan Beliton sisi utara, Jalan Kresna, Jalan Sumatra sisi timur, Jalan Durian sisi utara, Jalan Karna sisi utara, Jalan Sumatra gang 1, eks Bank Dagang Bali, Pasar Lokita Sari (Jalan Thamrin), dan parkir Pasar Badung.

Sriawan mengatakan, ada ratusan personel yang akan disiapkan setiap harinya bertugas mengamankan jalannya festival. “Kami setiap hari menyiapkan ratusan personel. Khusus posko pengamanan ada di sana. Ada induk OPD terkait hingga Polresta juga kami libatkan untuk pengamanan festival agar pengunjung merasa nyaman dan aman,” ungkap Sriawan.

Sriawan mengimbau kepada pengguna jalan agar mencari jalan alternatif untuk kenyamanan saat bepergian. “Kami imbau kepada masyarakat pengguna jalan agar mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan,” ucapnya.

Menurut Sriawan, selain Denfest, pihaknya juga sudah menyiapkan untuk gelar pasukan pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Gelar pasukan akan dilakukan, Selasa (19/12), di Terminal Ubung. Posko yang dibangun untuk kenyamanan dan kelancaran lalu lintas bagi wisata sudah ditentukan. Pembangunan posko ada di 5 titik yang diisi personel keamanan gabungan.

“Lima posko itu yakni di Pos Terminal Ubung, Pos Uma Anyar, Pos Pelabuhan Pengumpan Lokal Sanur, dan Pos Serangan yang akan ditempati dan dikawal tim khusus,” kata Sriawan. 7 mis

Komentar