nusabali

Dishub Denpasar Mulai Antisipasi Arus Balik Lebaran

Jumlah Keberangkatan Tahun Ini Turun 59 Persen

  • www.nusabali.com-dishub-denpasar-mulai-antisipasi-arus-balik-lebaran

DENPASAR, NusaBali - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar mulai melakukan antisipasi arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024. Dishub mulai mempersiapkan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas pada pintu masuk menuju Kota Denpasar hingga pelabuhan sebagai pintu masuk arus balik. 

Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan, Jumat (12/4), menyatakan untuk antisipasi arus balik, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan terkoneksi dengan jajaran Perhubungan pusat di Terminal Mengwi dan Pelabuhan Gilimanuk. Selain itu, mengantisipasi kekroditan pintu masuk di Pos Pantau Uma Anyar dan Pos Pantau Terminal Ubung, pihaknya sudah menyiagakan petugas. 

Sriawan menjelaskan, melalui posko terpadu Pemerintah Kota Denpasar bersama tim terpadu berupaya mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi arus balik Lebaran. "Sesuai realisasi data angkutan Lebaran 2024, jumlah angkutan / kendaraan dan penumpang berangkat di Terminal Ubung Denpasar pada H-7 Lebaran, 3 April 2024 mencapai 98 kendaraan," ucap Sriawan. 

Sementara jumlah keberangkatan penumpang mencapai 821 penumpang. Jumlah keberangkatan kendaraan pada tahun ini mengalami penurunan sekitar 59 persen dibandingkan 2023, yang mencapai 237 kendaraan. Sementara, jumlah penumpang pada H-7 Lebaran tahun ini mencapai 821 penumpang, mengalami peningkatan sekitar 23 persen dibandingkan pada 2023 yakni 665 penumpang. 

Menurut dia, saat ini Dishub selain melakukan pemantauan pada dua posko terpadu, juga melakukan pemantauan dan mengantisipasi kedatangan serta keberangkatan wisatawan di Pelabuhan Laut Pengumpan Lokal Sanur dan Serangan. "Kami juga melakukan koordinasi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar dalam mengantisipasi arus balik, serta melakukan pemeriksaan administrasi kependudukan para penumpang di Pelabuhan Benoa," kata Sriawan. 

Pos Pantau Terminal Ubung juga disiapkan pos layanan kesehatan. Bagi pengendara kendaraan roda empat dan roda dua yang melaksanakan arus balik melintasi Kota Denpasar dapat memanfatkan layanan posko untuk beristirahat maupun cek kesehatan. 

"Kami mengimbau kepada operator angkutan menuju Terminal Ubung untuk tidak menurunkan penumpang di badan jalan, namun dapat menurunkan penumpang di dalam terminal. Karena itu bisa berakibat mengganggu lalu lintas dan berisiko pada tingkat keselamatan,” imbuhnya. 7 mis

Komentar