nusabali

Ogoh-Ogoh ST Dharma Gargitha Suwung Batan Kendal Kembali Gunakan Ulatan

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-st-dharma-gargitha-suwung-batan-kendal-kembali-gunakan-ulatan

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Dharma Gargitha, Banjar Suwung Batan Kendal, Desa Sesetan, Denpasar Selatan, tengah menyiapkan ogoh-ogoh menyambut Tahun Baru Caka 1946 pada bulan Maret mendatang. Penggarapan ogoh-ogoh ini dimulai awal Desember dengan ngulat, pembentukan tubuh ogoh-ogoh.

Menurut Ketua pembuatan ogoh-ogoh ST Dharma Gargitha, I Kadek Yogi Wahyu Saputra, ogoh-ogoh kali ini akan dibuat dengan menggunakan ulatan. Hal ini berbeda dengan ogoh-ogoh sebelumnya 'Amurkaning Pertiwi" yang menggunakan bahan kardus.

"Kalau full kardus akan menghadapi kendala seperti memfokuskan pengerjaan pada satu orang (mengandalkan orang yang lebih bisa). Dalam pembentukan rumit karena bahan kardus terbilang kaku saat dilipat untuk pembentukan karakter tokoh ogoh-ogoh yang akan dibuat," ujar Yogi, Rabu (13/12/2023).

Yogi menambahkan, untuk tema ogoh-ogoh kali ini masih belum ditentukan. Namun, diperkirakan akan ada sejumlah tujuh karakter ogoh-ogoh.

"Untuk anggaran, kami perkirakan sekitar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. Untuk tahapan saat ini baru menghabiskan dana sebesar Rp 10 juta," kata Yogi.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu yang berdekatan dengan Nyepi, Yogi berharap hal tersebut tidak menghambat kreativitas kesenian ogoh-ogoh. Ia juga berharap agar ogoh-ogoh tidak dikaitkan dengan politik.

"Semoga tidak menghambat kreativitas kesenian ogoh-ogoh tetap berjalan, dan jangan menyangkut pautkan politik dengan ogoh-ogoh. Hal ini saya maksudkan agar nantinya tidak ada kesalahpahaman dan tidak terjadinya konflik," harap Yogi.

Yogi menambahkan, pihaknya akan terus bekerja keras untuk menyelesaikan ogoh-ogoh ini agar bisa tampil maksimal pada lomba ogoh-ogoh yang akan digelar pada bulan Maret mendatang. *m03

Komentar