nusabali

Langgengkan Tradisi, Pilbup Badung 2024 Tanpa Paslon Independen

  • www.nusabali.com-langgengkan-tradisi-pilbup-badung-2024-tanpa-paslon-independen

MANGUPURA, NusaBali.com – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung tahun 2024 dipastikan tidak bakal diramaikan bakal pasangan calon (paslon) perseorangan pasca tidak satu pun individu maupun kelompok yang menyerahkan dukungan selama masa pendaftaran.

Masa pendaftaran paslon perseorangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 dibuka sejak Rabu (8/5/2024) dan ditutup pada Minggu (12/5/2024) pukul 23.59 Wita. Selama masa yang disebut Penyerahan Syarat Dukungan Paslon Perseorangan ini, KPU Kabupaten Badung tidak didatangi perwakilan dari pihak bakal paslon perseorangan manapun.

“Hingga pada akhir batas waktu, tidak ada bakal paslon ataupun liaison officer (LO) atau sebutan lain yang melakukan koordinasi serta menyampaikan dokumen syarat dukungan paslon perseorangan kepada kami,” tutur Anggota/Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Badung, I Nyoman Dwi Suarna Artha via pesan singkat, Senin (13/5/2024).

Untuk itu, secara resmi di Pilbup Badung 2024 ini nihil paslon perseorangan atau lebih populer disebut paslon independen. Selanjutnya, KPU akan menerima pendaftaran paslon yang diusulkan partai politik (parpol) atau gabungan parpol pada 27-29 Agustus mendatang.

Nihilnya peminat jalur perseorangan di Pilbup Badung tahun ini melanggeng tradisi Pilkada di Gumi Keris yang selalu partisan. Sejak Bupati dan Wakil Bupati Badung dipilih secara langsung oleh rakyat pada Pilbup Badung tahun 2005 silam, belum pernah ada paslon perseorangan yang berlaga.

“Sepanjang pemilihan Bupati yang dilakukan secara langsung di Kabupaten Badung, belum pernah ada paslon perseorangan,” ungkap Ketua KPU Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra kepada NusaBali.com via pesan singkat pada Senin.

Pilbup Badung yang dilakukan secara langsung pertama kali digelar pada tahun 2005 yang mempertemukan AA Ngurah Oka Ratmadi-Made Sumer yang dijagokan PDIP dan AA Gde Agung-I Ketut Sudikerta yang disodorkan Golkar. Hasilnya, Gde Agung-Sudikerta berhasil menggoyangkan hegemoni PDIP kala itu.

Sejak Pilbup Badung tahun 2005, 2010, 2015, dan terakhir 2020 belum pernah ada paslon perseorangan yang ikut bertarung memperebutkan Badung 1. Akan tetapi, Badung sudah pernah dihadapkan pada paslon tunggal pada Pilbup 2020 yang hanya diikuti paslon petahana, I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa. *rat

Komentar