nusabali

Desa Adat Kota Tabanan Rancang Krematorium

  • www.nusabali.com-desa-adat-kota-tabanan-rancang-krematorium

TABANAN, NusaBali - Desa Adat Kota Tabanan bersiap membangun krematorium. Sebagai awal telah dilakukan studi banding ke sejumlah kabupaten di Bali. Rencananya pembangunan krematorium dilakukan pada 2025.

Bendesa Adat Kota Tabanan I Gusti Ngurah Siwa Genta mengatakan konsep pembangunan masih akan dirancang tahun 2024. Sebelum itu telah dilakukan studi banding ke sejumlah kabupaten yang ada di Bali. "Sekarang sifatnya masih observasi dulu," katanya, Senin (27/11). 

Disebutkan pembangunan krematorium ini rencana dibuat di areal setra Adat Kota Tabanan. Dan rencana pembangunan ini pun tak sampai menghilangkan tradisi lama.  "Krematorium yang rencana dibangun kekinian tetapi tidak membuang tradisi lama, tempat ngaben biasa tetap akan ada. Misalnya dari salah satu Puri atau Jero yang mau memakai setra yang lama masih bisa. Intinya kami tidak bisa memaksakan masyarakat untuk ke krematorium," jelasnya.

Dia mengatakan, rencana pembangunan krematorium Desa Adat Kota Tabanan ini melihat fenomena masyarakat banyak keluar desa maupun kabupaten untuk melakukan ngaben. Artinya sebut dia keberadaan krematorium ini, selain membantu meringankan beban masyarakat juga membuka peluang ekonomi. Karena untuk tenaga krematorium nantinya akan dikelola oleh pihak desa adat.

"Srati akan melibatkan ibu-ibu desa atau dibentuk srati khusus yang diambil dari perwakilan dan melibatkan semua griya yang ada di kota Tabanan untuk muput," kata Siwa Genta. 7des

Komentar