nusabali

Genta Nusantara III Suguhkan Karnaval Wayang

  • www.nusabali.com-genta-nusantara-iii-suguhkan-karnaval-wayang

MANGUPURA, NusaBali - Serangkaian memperingati Hari Wayang Nasional, Genta Nusantara III; Festival Toleransi Indonesia mempersembahkan perhelatan Karnaval Wayang di Puspem Badung, Jumat (3/11).

Para budayawan dan pemerhati seni dari berbagai daerah di Indonesia turut ambil bagian dalam kegiatan menjadi bagian dari Festival Seni Budaya serangkaian HUT ke-14 Mangupura.

Ratusan seniman dari berbagai provinsi di Indonesia ikut terlibat dalam Karnaval Wayang berparade mengelilingi lapangan Puspem Badung yang berakhir di Wantilan DPRD Badung. Seniman nusantara yang terlibat mengenakan kostum khas daerah masing-masing sembari membawa wayang khas Bali. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni bertajuk ‘Sastra Mantra’.


Ketua Panitia Genta Nusantara III, Nengah Rata Artana, mengatakan kegiatan yang mengambil tema Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa ini melibatkan 626 seniman dari 11 provinsi di Indonesia. “Perserta Genta Nusantara III mencapai 662 seniman. Mereka merupakan seniman dari berbagai provinsi, seperti Kalimantan, Yogyakarta, Jawa Barat dan provinsi lainnya,” ungkap Nengah Rata.

Nengah Rata menambahkan, pelaksanaan Karnaval Wayang adalah dalam rangka Hari Wayang Nasional yang diperingati setiap 7 November. Adapun kegiatan Genta Nusantara III akan berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala, Nusa Dua.

Sehari sebelumnya, Tim Kerja Genta Nusantara III; Festival Toleransi Indonesia menggelar dialog Temu Budaya Nusantara di Ruang Rapat Kerta Gosana, Puspem Badung. Kegiatan tersebut mempertemukan budayawan dan pemerhati seni dari berbagai daerah di Indonesia. Dialog Temu Budaya Nusantara menghadirkan narasumber yang bergerak di bidang seni dan budaya. @ ind

Komentar