nusabali

BPBD dan Dinsos Salurkan Bantuan Air ke Seraya Tengah

  • www.nusabali.com-bpbd-dan-dinsos-salurkan-bantuan-air-ke-seraya-tengah

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem, menyalurkan bantuan air sebanyak 9.000 liter untuk warga di Banjar Kecag Balung, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Sabtu (28/10).

BPBD menyerahkan bantuan air 5.000 liter untuk 25 KK atau 100 jiwa, dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem, menyerahkan 4.000 liter air untuk keperluan 15 KK atau 50 jiwa. Dua bantuan itu tertuang di dalam satu cubang umum, warga Banjar Kecag Balung yang dapat bantuan, mengambil dari cubang tersebut. Agar tidak rebutan, petugas BPBD yang mengatur pembagian bantuan itu.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, penyerahan bantuan air yang dia lakukan sejak 25 Agustus hingga 28 Oktober mencapai 102.000 liter. "Bantuan air kami salurkan, berdasarkan permohonan dari warga melalui kelian banjar dinas. Surat dari kelian banjar sepengetahuan perbekel, dan mencantumkan jumlah kepala keluarga yang membutuhkan," jelasnya.

Ida Ketut Arimbawa memaparkan, bantuan air yang selama ini dia salurkan, di Desa Ban, Kecamatan Kubu sebanyak 43.000 liter, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem 31.000 liter, Desa Seraya Tengah di Kecamatan Karangasem 19.000 liter, Desa Datah di Kecamatan Abang sebanyak 4.000 liter, dan Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu sebanyak 5.000 liter.

"Kami menyalurkan bantuan air di Banjar Kecag Balung, Desa Seraya Tengah, karena selama ini mengalami kesulitan air bersih. Sebab, di sana mengalami kekeringan tidak ada mata air, mengandalkan air hujan atau membeli air," jelas Ida Ketut Arimbawa. Lanjut Ida Ketut Arimbawa, sejumlah relawan termasuk PMI, turut menyalurkan bantuan air.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem, I Komang Daging mengakui, sesekali menyalurkan bantuan, berdasarkan permintaan warga masyarakat. "Sebab, kami juga punya mobil tanki, yang siap melayani warga masyarakat," jelasnya.7k16

Komentar