nusabali

PMI Karangasem Apresiasi Relawan Donor Darah

  • www.nusabali.com-pmi-karangasem-apresiasi-relawan-donor-darah

AMLAPURA, NusaBali - Sejumlah sekolah dan lembaga swasta yang konsisten menggelar donor darah dalam setiap peringatan ulang tahun, mendapatkan apresiasi dari PMI Karangasem. Karena pihak sekolah dan lembaga swasta ini dinilai telah melakukan aksi nyata bidang kemanusiaan.

Bupati Karangasem I Gede Dana menyerahkan langsung sertifikat penghargaan kepada sejumlah kepala sekolah dan pimpinan lembaga swasta pada acara Musyawarah Kerja Kabupaten PMI Karangasem di Aula Sabha Prakerti Nadi, Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (16/4).

Bupati I Gede Dana mengatakan kebutuhan darah di Karangasem setiap tahun terus meningkat. Tahun 2023 kebutuhan darah untuk pasien di dua rumah sakit mencapai 5.476 kantong, sementara baru bisa dipenuhi 4.895 kantong. Kekurangannya masih dipasok dari UDD (Unit Donor Darah) Pembina PMI Provinsi Bali dan UDD kabupaten lain.

"Tahun 2024 ini kebutuhan darah meningkat, diperkirakan mencapai 9.000-10.000 kantong," jelas I Gede Dana.

Bupati Dana mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, secara sukarela. Di samping itu, lembaga pemerintah dan swasta, jika tengah menggelar acara ulang tahun, agar disertai acara donor darah. 

Sedangkan yang telah tercatat sebagai pendonor, jelas Bupati, hendaknya secara rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Sebab, jika darahnya tidak didonorkan, maka nantinya akan terbuang dengan sendirinya jadi kotoran, selanjutnya diproduksi kembali.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa yang mendapatkan penghargaan dari PMI Karangasem, mengingat selama ini rutin menggelar donor darah serangkaian HUT SMAN 2 Amlapura. "Ya, memang kami selenggarakan donor darah setiap setahun sekali, pesertanya siswa kelas XII, guru dan pegawai di lingkungan SMAN 2 Amlapura," jelas I Wayan Puja Astawa.

Sedangkan mantan Ketua PMI Karangasem dr I Gede Parwata Yasa SpOG mendapatkan penghargaan. Karena dia telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali, atau telah mendonorkan darahnya di atas 35 liter, sejak tahun 1985. Parwata Yasa sempat mendapatkan penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, tahun 2018.

Ketua Panitia Mukerkab Ns I Wayan Arsiawan Adi menyampaikan, musyawarah kerja dilaksanakan untuk mematangkan program kerja PMI selama tahun 2024 dan sebagai evaluasi program kerja tahun sebelumnya. Ketua PMI Kabupaten Karangasem dr I Nengah Suranten menyampaikan, salah satu agenda dalam Mukerkab ini yakni untuk merancang rencana strategis PMI Karangasem tahun 2023-2027.@k16

Komentar