nusabali

Pratisentana Ida Bhatara Manggis Kuning Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-pratisentana-ida-bhatara-manggis-kuning-gelar-donor-darah

GIANYAR, NusaBali - Perayaan HUT ke-2 Pratisentana Ida Bhatara Manggis Kuning (PMK) disi dengan donor darah di Puri Anyar Puri Agung Gianyar, Sabtu (20/4).

Dilanjutkan dengan napak tilas Pura Luhur Catur Kanda Pat Sari di Banjar Pondok Peguyangan Kaja, Jalan Antasura Denpasar Utara dan Pura Dalem Pengumpian Alas Bun Desa Sibang, Kecamatan Abiansemal, Badung. Pratisentara Ida Bhatara Manggis Kuning terkait erat dalam sejarah kelahiran Kota Gianyar.

Sebelum berangkat tirta yatra diawali dengan sembahyang bersama di Pura Penataran Agung, Desa Beng. Rombongan berjumlah 125 orang. Manggala Utama PMK, Anak Agung Gde Mayun SH yang juga seorang praktisi babad menjelaskan tirta yatra dijadikan acara tradisi setiap HUT Pratisentana Ida Bhatara Manggis Kuning dengan melakukan persembahyangan 'napak tilas' ke sejumlah pura. Pura ini terkait dengan sejarah perjalanan Ida Bhatara Manggis Kuning hingga salah satu pratisentana Ida Bhatara akhirnya berkeraton di Puri Agung Gianyar (Sejarah Kota Gianyar). 

“Ultah pertama, tahun lalu. Napak tilas ke pura di Desa Manggis, Karangasem sampai ke sejumlah pura di Desa Gelgel, Klungkung,” jelas Agung Mayun. Napak tilas sesuai visi misi organisasi yaitu menghormati, memuliakan, dan meneladani Ida Bhatara Manggis Kuning. Usai persembahyangan di Pura Dalem Pengumpian Alas Bun dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun PMK secara sederhana dengan potong tumpeng. Lanjut dengan laporan ketua panitia dan menghayurkan punia kepada pangempon pura. 7 nvi

Komentar