nusabali

Balitbang Kini Tempati Gedung Eks DPMPTSP

  • www.nusabali.com-balitbang-kini-tempati-gedung-eks-dpmptsp

SINGARAJA, NusaBali - Kantor eks Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kini kembali ramai, pasca ditinggal penghuni lamanya pindah ke Mall Pelayanan Publik (MPP). Setelah menunggu hampir 3 bulan, akhirnya Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitban) Pemkab Buleleng memenangi pengusulan untuk dapat menempati gedung tersebut.

Setelah ditinggalkan pegawai DPMPTSP yang kini berkantor di MPP, kantor lama yang berlokasi di Jalan Ngurah Rai itu kosong sejak Januari. Namun pada tahapan Pemilu 2024 kemarin sempat dimanfaatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Buleleng sebagai penyimpanan kotak suara dan rapat rekapitulasi perolehan suara hingga Februari lalu.
 
Dari informasi yang dihimpun NusaBali, ada beberapa instansi yang mengincar gedung eks DPMPTSP. Selain Balitbang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga sempat memohon untuk menempati kantor tersebut. Namun keputusan jatuh ke Balitbang setelah dilakukan sejumlah pertimbangan oleh pimpinan daerah.
 
Balitbang pun baru mulai memindahkan barang-barangnya dari kantor lama di area Kantor Bupati Buleleng ke eks DPMPTSP, Jumat (22/3) lalu. Sejak Senin (25/3) seluruh pegawai Balitbang Buleleng sudah berkantor di tempat baru.
 
Kepala Balitbang Buleleng Made Supartawan, Selasa (26/3) kemarin mengatakan, sampai saat ini sedang melakukan penataan di kantor baru. Seluruh sarana dan prasarana penunjang, termasuk mebeler masih memanfaatkan yang ada di kantor lama.
 
“Sebelumnya kami memang sudah bersurat ke pak Pj Bupati untuk memohon gedung tersebut. Karena di gedung lama walaupun masih layak dan bagus, seluruh pegawai kami dapat tempat dan meja, tetapi kami tidak punya ruang rapat,” ucap Supartawan.
 
Sehingga jika ada agenda rapat yang melibatkan banyak orang Balitbang terpaksa meminjam ruang rapat dinas atau badan lain. Seperti di ruang rapat Dinas Pertanian, ruang rapat Bappeda atau ruang rapat Unit IV Setda Buleleng. “Kami bersyukur dan berterima kasih diberikan menempati gedung baru ini. Tentunya ini lebih representatif untuk kami bekerja,” imbuh pejabat asal Desa/Kecamatan Busungbiu ini.
 
Sementara itu Sekda Buleleng Gede Suyasa mengatakan, pemanfaat eks gedung DPMPTSP Buleleng diberikan pada Balitbang dengan berbagai pertimbangan dan kebijakan dari Pj Bupati Buleleng. Keputusan itu pun tanpa mengesampingkan OPD lain yang juga menginginkan gedung tersebut.
 
“Yang lebih cocok menempati kantor itu Balitbang. Kalau Satpol PP kurang pas, karena mobilisasi pegawainya tinggi. Perkantorannya harus lebih terbuka dan lebih luas, seperti BPBD. Tentu kedepannya akan dipikirkan tempat yang lebih representatif untuk Satpol PP, apakah nanti dibangunkan kantor baru atau memanfaatkan aset Pemkab,” terang Suyasa.

Sedangkan untuk kantor lama Balitbang Buleleng informasinya akan dimanfaatkan oleh Dinas Kominfosanti Buleleng, yang masih kekurangan ruangan untuk staf.7 k23

Komentar