nusabali

Gede Agastya TC di Jepang

  • www.nusabali.com-gede-agastya-tc-di-jepang

JAKARTA, NusaBali - Pejudo asal Bali Gede Agastya Dharma Wardhana (Agas) menjalani training camp (TC) di Tokyo, Jepang bersama tiga pejudo lainnya. TC di tersebut utnuk persiapan Asian Games Hangzhou, China, pada 23 September-8 Oktober. Kini, latihan di Jepang sudah memasuki minggu keempat.

"Saya berangkat TC ke Tokyo bersama pejudo Sherina, Maryam dan Dewa Kadek Rama Warma pada 18 Agustus lalu. Kami didampingi pelatih Putu Adesta (Bali) dan Budi Hidayat (Jawa Barat) serta Manajer Tim Regina dari DKI Jakarta," ujar Agas, Sabtu (9/9).

Di Tokyo, Agas dkk latihan bersama dengan para pejudo dari kampus atau sekolah setempat. Oleh karena itu, setiap minggu mereka akan latihan di tempat berbeda-beda. Jaraknya, kata peraih medali emas kelas +100 kg SEA Games 2019 Filipina ini, terkadang dekat.

Namun, ada pula yang jauh dengan menghabiskan waktu sekitar tiga jam. Tapi, hal itu tak menyurutkan Agas dkk menjalani latihan di sana. Justru, mereka semangat agar kelak menuai hasil bagus di ajang olahraga tingkat Asia tersebut. Apalagi, pelatih di sana bagus-bagus.

Foto: Gede Agastya (kanan duduk) foto bersama dengan para pejudo di Jepang saat menjalani TC. -IST (Dok Agas)

Mereka antara lain dibantu pelatih Jepang, Sensei Anzai Thosiya. Menurut Agas, pejudo yang mereka ajak latihan bersama bagus-bagus pula. Lantaran mereka tidak hanya sparring dengan sesama pejudo di kelasnya, seperti yang Agas alami. Agas merupakan pejudo di kelas +100 kg.

Ketika latihan bersama, dia tidak hanya sparring dengan pejudo di kelasnya. Melainkan bisa pula sparring dengan pejudo di kelas 90 kg dan 81 kg. Selama latihan di sana, banyak pelajaran yang Agas petik. Antara lain, bisa belajar bagaimana menahan serangan dan masuk ke teknik.

"Dari segi teknik pegangan dan style mereka berbeda, sehingga saya banyak mendapat pelajaran di sini. Khususnya mengenai pegangan saat mau membanting lawan. Di sini, pengembangannya bagus," terang anak pertama dari tiga bersaudara ini.

Agas dkk sendiri berangkat ke Asian Games langsung dari Jepang pada 21 September mendatang. Di Asian Games, Agas hanya mematok tampil semaksimal mungkin. Sebab, lawan-lawan yang bakal dihadapi cukup kuat. Selain itu, Asian Games Hangzhou adalah kiprah perdananya. k22

Komentar