nusabali

Dua ABK Ceburkan Diri Sudah di Kampung Halaman

  • www.nusabali.com-dua-abk-ceburkan-diri-sudah-di-kampung-halaman
  • www.nusabali.com-dua-abk-ceburkan-diri-sudah-di-kampung-halaman

MANGUPURA, NusaBali - Tim SAR gabungan menghentikan pencarian terhadap dua anak buah kapal (ABK) yang dilaporkan hilang setelah menceburkan diri di perairan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Minggu (27/8) lalu. Pencarian dihentikan karena kedua ABK ternyata sudah ditemukan dalam keadaan selamat dan berada di rumahnya di Jakarta Utara.

Kepala Basarnas Denpasar I Nyoman Sidakarya, membenarkan penghentian pencarian setelah dipastikan ABK bernama Amat Maulana, 27, dan Muhamad Jodi, 23, sudah ditemukan selamat dan berada di rumah masing-masing di Cilincing, Jakarta Utara. “Kami resmi menghentikan pencarian setelah ada informasi kedua ABK itu sudah ditemukan selamat,” katanya, Kamis (31/8).

Terungkapnya kedua ABK sudah berada di Jakarta karena ada tim yang berkoordinasi dengan orang tua keduanya. Dari hasil koordinasi itu terungkap bahwa kedua ABK selamat.

Dari pengakuan kedua ABK itu, lanjut Sidakarya, berhasil selamat setelah terdampar di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan. Namun, saat terdampar terpisah dengan rekannya bernama Sakim, 26. Sakim akhirnya diselamatkan oleh petugas dan kemudian dimintai keterangan. “Mereka terdampar di sana (kawasan The Nusa Dua) secara terpisah,” katanya.

Setelah terpisah kedua ABK itu langsung menumpang truk hingga ke Surabaya, Jawa Timur. Dari Surabaya, keduanya melanjutkan perjalanan dengan menumpang truk lainnya ke Jawa Tengah. “Setelah sampai di Jawa Tengah, mereka dibantu oleh Dinas Sosial untuk kemudian dipulangkan ke rumah mereka di Cilincing,” jelas Sidakarya.

Sebelumnya diberitakan, tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) menceburkan diri di Perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Minggu (27/8). Dua orang sempat dinyatakan hilang dan satu lainnya selamat setelah terdampar di kawasan The Nusa Dua. Tidak diketahui secara pasti penyebab ketiga ABK itu melompat dari kapal, sehingga petugas Basarnas langsung melakukan pencarian. 7 dar

Komentar