nusabali

Lima ABK KM Naga Mas Perkasa 58 Berhasil Diselamatkan Tim SAR Gabungan

  • www.nusabali.com-lima-abk-km-naga-mas-perkasa-58-berhasil-diselamatkan-tim-sar-gabungan

SEMARAPURA, NusaBali.com - Tim SAR gabungan dari Basarnas Bali berhasil menyelamatkan lima awak kapal (ABK) KM Naga Mas Perkasa 58 yang kandas di perairan Jungut Batu Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pada Rabu (3/4/2024).

Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida Cakra Negara mengatakan, kelima ABK tersebut dievakuasi ke Dermaga Apung Jungut Batu dan selanjutnya diserahkan kepada pihak kepolisian untuk pendataan lebih lanjut.

Identitas kelima ABK tersebut adalah Fedy Lahiwu (42), Noldy Siby Walanda (44), Riffo Junaidy Pokoliwutang (48), Jefri Sidangoli (45), dan Novi Walanda (47).

Kronologi kejadian bermula ketika KM Naga Mas Perkasa 58 mengalami kemiringan dan air laut mulai masuk dari bagian belakang kapal pada pagi hari.

Kru kapal kemudian menghubungi Basarnas Bali dan meminta evakuasi karena kerusakan pada ruang mesin.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Bali, Pol Air Polres Klungkung, Polsek Nusa Penida, Pos TNI AL Nusa Penida, Dir Polda Bali, dan nelayan setempat tiba di lokasi pada pukul 09.10 WITA.

Proses evakuasi dilakukan dengan berenang menggunakan pelampung karena RIB 05 tidak dapat merapat akibat air dangkal.

"Sekitar 50 menit berselang seluruhnya telah terevakuasi, kita mengevakuasi lima anak buah kapal dengan selamat ke atas RIB," kata Cakra.

Kapten kapal menjelaskan kepada Basarnas Bali bahwa kapal kandas karena terbawa arus ke arah daratan, sementara mesin kapal tidak cukup kuat untuk melawan arus.

Komentar