nusabali

Jajaki Sister City, Wakil Walikota Terima Dubes Filipina untuk RI

  • www.nusabali.com-jajaki-sister-city-wakil-walikota-terima-dubes-filipina-untuk-ri

DENPASAR, NusaBali - Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia Gina Alagon Jamoralin menyambangi Kantor Walikota Denpasar, Rabu (26/7).

Dia diterima langsung Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan Made Toya dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti serta unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

Wawali Arya Wibawa menyambut hangat kedatangan Dubes Gina Jamoralin di Kota Denpasar. Pertemuan ini menjadi momentum yang baik guna menjajaki kerja sama antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina melalui program sister city.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Ibu Duta Besar Republik Filipina di Kota Denpasar. Semoga pertemuan ini dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan kerja sama yang baik antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Dikatakannya, penjajakan ini juga sebagai langkah lanjutan kerja sama yang telah disepakati antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Filipina.

“Setelah kita kaji, ada sejumlah bidang yang potensial dijajaki untuk dibangun kerja sama antara Pemerintah Kota Denpasar, terutama menyangkut kerja sama dengan kota di Filipina,” imbuhnya.

Sejumlah bidang menarik untuk dikerjasamakan sesuai dengan potensi kedua kota, yakni, pengembangan ekonomi kreatif, budaya, kesehatan, pariwisata, pendidikan. Terutama terkait pertukaran pelajar dan pekerja di bidang pariwisata. Hal ini karena di Bali banyak institusi di bidang pariwisata dan hospitality.

“Kita bisa menjajaki salah satu kota di Filipina yang memiliki karakteristik yang sama dengan Kota Denpasar untuk mempermudah pembentukan kerja sama sister city ini. Apalagi faktanya, sudah ada kota di Filipina yakni kota Vigan yang masuk dalam keanggotaan Organisasi Kota Pusaka Dunia (OWHC) bersama Kota Denpasar,” ucap Wawali Arya Wibawa.

Dubes Gina Jamoralin berterima kasih atas sambutan hangat Wawali Arya Wibawa. Dia menawarkan kerja sama terkait sekolah keperawatan dan medis di Filipina yang nantinya mungkin bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi atau sekolah yang ada di Kota Denpasar.

“Kami optimistis pertemuan ini akan membuahkan kesepakatan yang akan memberikan manfaat yang baik bagi kedua belah pihak,” ujarnya. @ mis

Komentar