nusabali

Wawali Gelar Tabur Bunga dan Serahkan Bantuan kepada Veteran

Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar Ke–78 Tahun

  • www.nusabali.com-wawali-gelar-tabur-bunga-dan-serahkan-bantuan-kepada-veteran

DENPASAR, NusaBali - Peringatan peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar Ke–78 Tahun dilaksanakan Pemkot Denpasar dengan apel, penyerahan bantuan kepada veteran, hingga tabur bunga di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Rabu (17/4).

Apel dipimpin Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, dihadiri Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Forkopimda, dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar, serta pimpinan OPD Pemkot Denpasar.

Apel diakhiri tabur bunga dan penyerahan bantuan kepada 6 orang veteran pejuang oleh Wawali Arya Wibawa. Masing-masing orang menerima bantuan Rp 25 juta, berupa tabungan santunan kematian. Di samping itu diserahkan bantuan kepada satu orang ahli waris veteran senilai Rp 5 juta. 

Peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar terjadi 78 tahun lalu, tepatnya pada 11 April 1946, dan kini menjadi tonggak peringatan oleh jajaran Pemkot Denpasar bersama masyarakat. 

“Peringatan serangan umum Kota Denpasar bukan semata sebuah acara, namun sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi, namun substansi setiap peringatan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai kepahlawanan,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Dia mengajak seluruh masyarakat menjadikan peringatan Serangan Umum Kota Denpasar sebagai energi dan semangat baru mewarisi nilai-nilai kepahlawanan dan inspirasi dalam setiap langkah kehidupan bersama. 

“Bung Karno pernah menegaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kami mengajak generasi muda untuk terus kobarkan nilai kepahlawanan, torehkan prestasi yang membawa nama harum Kota Denpasar,” tandas Wawali Arya Wibawa.

Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Antara, menyampaikan pada peringatan Serangan Umum tahun ini diserahkan bantuan kepada veteran pejuang. Bantuan kepada korban Serangan Umum Kota Denpasar atas nama Ida Bagus Japa, diterima oleh ahli waris, Ida Bagus Gede Yadnya senilai Rp 5 juta. Dan bantuan uang senilai Rp. 25 juta kepada enam orang Veteran Pejuang Kemerdekaan RI.

“Para veteran pejuang kemerdekaan yang telah berdedikasi tinggi, yang sampai detik ini semangat dan jiwa kepahlawanan beliau tidak pernah pudar, dibuktikan dengan kehadiran para veteran yang senantiasa semangat dan kompak,” kata Ida Bagus Alit Antara. @ mis

Komentar