nusabali

Sumur Misterius Ditemukan di SDN 1 Dauh Peken

  • www.nusabali.com-sumur-misterius-ditemukan-di-sdn-1-dauh-peken

TABANAN, NusaBali - Dinas Kebudayaan (Disbud) Tabanan turun melakukan identifikasi temuan sumur tua di SDN 1 Dauh Peken, Banjar Dukuh, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan.

 Ada tiga orang tim dari Dinas Kebudayaan turun melakukan identifikasi, mulai mengukur kedalaman sumur, diameter hingga ketinggian.

Dari hasil identifikasi pada  Selasa (11/7) itu sumur itu memiliki diameter 111 cm dengan luas lingkaran 320 cm kemudian kedalaman batas batu 270 cm. "Belum bisa dipastikan apakah situs atau bagaimana ini. Jadi baru dugaan objek cagar budaya," ungkap Kabid Cagar Budaya dan Sejarah Dinas Kebudayaan Tabanan I Wayan Juana. 

Menurut Juana, sumur tua itu ditemukan pertama kali oleh pihak sekolah SDN 1 Dauh Peken pada Rabu  (5/7). Saat itu sekolah akan memasang paving blok pada lantai halaman sekolah, mengingat siswa-siswa dari SD tersebut libur. 

Nah saat penggalian, malah menemukan lubang yang ternyata sebuah sumur tua. Kepala SDN 1 Dauh Peken Nyoman Adi Sujati yang ada di lokasi langsung melaporkan ke Bandesa Kota Tabanan dan Perbekel Dauh Peken. "Kondisi bangunan sumur ini kokoh terbuat dari batu bata Bali," imbuh Juana. 

Dinas Kebudayaan Tabanan masih mencatat temuan ini, karena untuk menyatakan sebagai sebuah situs harus ada kajian dan penelitian. “Sementara ini belum bisa kami tentukan apakah situs atau tidak, karena tim ahli dari arkeolog yang menentukan dan dasarnya kajian,” tandas Juana. 7des

Komentar