nusabali

Badung Wakili Bali di Penas KTNA XVI, 45 Peserta Dilepas Resmi oleh Wabup Suiasa

  • www.nusabali.com-badung-wakili-bali-di-penas-ktna-xvi-45-peserta-dilepas-resmi-oleh-wabup-suiasa

MANGUPURA, NusaBali - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melepas dan memberangkatkan 45 peserta Pekan Nasional (Penas) mewakili Provinsi Bali untuk mengikuti Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada 10-15 Juni 2023 di kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat.

Acara pelepasan di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Selasa (6/6) turut dihadir perwakilan dari instansi terkait.

Penas KTNA merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Kegiatan Penas digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan.

Kepala Badan Sumber Daya Alam Kabupaten Badung yang sekaligus Ketua Panitia KTNA I Made Adi Adnyana, mengatakan pelaksanaan Penas KTNA XVI Tahun 2023 di Kota Padang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani, nelayan dan petani hutan, serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan serta berkelanjutan, melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

“Dalam rangka persiapan pemberangkatan peserta Penas KTNA ini, telah dilakukan proses kegiatan di antaranya sosialisasi di enam kecamatan serta pembekalan peserta yang dilakukan 15-30 Mei 2023 di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Abiansemal. Adapun penekanan materi pembelajaran, yakni pengembangan teknologi kewirausahaan, asah terampil, temu usaha agribisnis, gita nusantara dan tata cara pelaksanaan pekan nasional,” ujar Adnyana.

Sementara itu, Wabup Suiasa berpesan agar peserta dan pendamping dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Penas KTNA dengan baik, sehingga dapat dipetik manfaat dan pengayaan informasi yang menyangkut pertanian dan nelayan dalam artian yang luas, memperluas jejaring, mencari kemitraan berbagai sektor lintas daerah, menangkap ruang peluang dari sisi ekonomi.

“Penting bagi kita untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaiknya sebagai pengenalan dan pemahaman tentang perkembangan teknologi pertanian dan nelayan secara umum beserta inovasi-inovasi di bidang itu,” harap Wabup Suiasa.

“Manfaat yang bisa dipetik pada kesempatan kegiatan tersebut hasilnya nanti akan diramu sedemikian rupa untuk kita di Kabupaten Badung,” imbuhnya. 7 ind

Komentar