nusabali

Kominfo Gianyar Raih Foto Terbaik Nasional

Penari Sisya masuk nominasi karena memenuhi semua kriteria sebagai foto jurnalistik

  • www.nusabali.com-kominfo-gianyar-raih-foto-terbaik-nasional

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar meraih juara 1 kategori Foto Terbaik Media Center se-Indonesia.

Diskominfo Gianyar unggul berkat foto berjudul ‘Penari Sisya’. Kompetisi ini digelar oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo RI. Penghargaan diserahkan oleh Staf Khusus Kemenkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti pada acara Anugerah Media Center Daerah Tahun 2023 di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2) malam. Penghargaan diterima I Made Sueta, Pranata Humas Diskominfo Gianyar.

Anugerah Media Center Daerah Tahun 2023 merupakan apresiasi dari Kementerian Kominfo kepada pengelola media center daerah atas kontribusi aktif mengirimkan konten berita dalam portal berita info publik selama periode tahun 2022. Acara ini dihadiri Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong didampingi Direktur Pengelola Media Nursodik Gunarjo, Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti, dan jajaran pejabat Kemenkominfo RI.

Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI mengelola portal infopublik.id. Pemerintah daerah melalui media center Dinas Kominfo Daerah bisa mengirimkan berita dan foto untuk ditayangkan di portal tersebut. Anugerah Media Center digelar Kementerian Kominfo setiap tahun sebagai apresiasi atas kontribusi media center daerah. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menyampaikan, pemberian penghargaan dimulai pada tahun 2015 sebagai wujud apresiasi Kemenkominfo atas  peran aktif daerah dalam kontribusinya di portal nasional infopublik.

Media center daerah sebagai garda terdepan dalam diseminasi informasi kepada masyarakat. Kemenkominfo menjadi orkestrator dimana terlahirnya narasi positif atas narasi tunggal. Menjadikan media center daerah terus meningkatkan kemampuan dengan menyesuaikan dinamika saat ini. “Semoga prestasi ini menjadi pengungkit untuk terus berkontribusi membangun komunikasi publik yang sehat dan mencerahkan,” harap Usman Kansong.

Usman Kansong menjelaskan, Presiden juga berikan perhatian khusus pada portal Infopublik Kementerian Kominfo dengan adanya Inpres dalam pengelolaan media center di daerah. “Harapan saya seluruh media center provinsi/kabupaten/kota lebih aktif mengirimkan berita dan foto. Sebuah berita atau foto merupakan salah satu kekayaan diri sendiri,” jelas Usman Kansong. Pada Desember 2022, Media Center Diskominfo Gianyar mengirimkan sebuah foto dengan judul ‘Penari Sisya’ untuk mengikuti lomba foto. Ternyata Penari Sisya meraih foto terbaik sebagai juara 1 dari 139 Media Center provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia.

Menurut dewan juri, Penari Sisya layak masuk nominasi karena memenuhi semua kriteria sebagai foto jurnalistik. Komposisi, keutuhan, pencahayaan, tingkat kesulitan serta sudut (angle) pengambilan yang tepat sehingga terpilih menjadi foto terbaik. Kadis Kominfo Gianyar Anak Agung Gde Raka Suryadiputra bersyukur atas apresiasi yang diberikan Kementerian Kominfo. Semuanya tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Bupati Gianyar Made Mahayastra. Dia berharap prestasi ini terus dipertahankan dan lebih terpacu meningkatkan pengelolaan media center, menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan dan foto jurnalistik. “Saya harap Media Center Diskominfo Kabupaten Gianyar lebih meningkatkan kontribusi dalam mengirimkan berita dan foto ke portal Infopublik Kemenkominfo dalam upaya penyebarluasan informasi,” harap Anak Agung Raka.

Pada Anugerah Media Center Daerah Tahun 2023, Kemenkominfo RI yang membidangi semua Media Center provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia berikan penghargaan dari berbagai kategori. Kategori Berita Terpopuler, Kategori Foto Terbaik, Kategori Media Center Terbaik Kontribusi Foto, Kategori Media Center Kabupaten/Kota Terbaik Kontribusi Berita, dan Kategori Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita. *nvi

Komentar