nusabali

Denpasar Terus Dorong Digitalisasi Teknologi pada DTIK Festival 2024

  • www.nusabali.com-denpasar-terus-dorong-digitalisasi-teknologi-pada-dtik-festival-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Kota Denpasar kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan teknologi melalui penyelenggaraan Denpasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (DTIK) Festival 2024. Digelar pada 21-23 Maret 2024, festival tahun ini mengusung tema 'Technology for Better Networking' yang mencerminkan peran teknologi dalam mempermudah konektivitas dan kolaborasi.

Seremonial pembukaan DTIK Festival 2024 yang berlangsung di Gedung Dharma Negara Alaya pada 21 Maret 2024 dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Forkopimda Kota Denpasar, Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara; Ketua GOW Kota Denpasar, Ny Ayu Kristi Arya Wibawa; Ketua DWP Kota Denpasar, Ny Widnyani Wiradana; Pimpinan OPD serta undangan lainnya. 

Tampak pula perwakilan stakeholder yang berasal dari perusahaan swasta, kampus, hingga sekolah di wilayah Kota Denpasar. 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa DTIK Festival 2024 merupakan wadah bagi para pelajar dan generasi muda untuk berinovasi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Jaya Negara berharap generasi muda yang terlibat dapat bersaing di masa depan dan berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Digitalisasi teknologi mempermudah kita dalam berjejaring, mulai dari mempererat kerjasama yang telah terjalin, hingga memungkinkan munculnya jejaring-jejaring baru dalam skala global tanpa terhalang dimensi ruang dan waktu,” ujar Jaya Negara

Dikatakannya, implementasi teknologi terus dimanfaatkan guna menyempurnakan pelayanan di Kota Denpasar. Hal ini merupakan implementasi misi keempat yakni unggul dalam kualitas SDM, pemanfaatan teknologi dan inovasi menuju keseimbangan pembangunan berbasis Tri Hita Karana, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang berkelanjutan.

Jaya Negara juga menekankan pentingnya digitalisasi teknologi dalam mempermudah konektivitas dan kolaborasi. Implementasi teknologi di Kota Denpasar, seperti aplikasi Whistleblowing System (WBS) yang diluncurkan dalam festival ini, diharapkan dapat meningkatkan integritas ASN dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“Dengan adanya WBS kami harap ASN di Kota Denpasar dapat menjaga integritas, transparansi dan akuntabilitas di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Pada kesempatan itu Walikota Denpasar ini mengingatkan spirit Vasudaiva Khutumbakam. “Kami mengajak masyarakat, akademisi, swasta, media dan seluruh stakeholder Kota Denpasar untuk bersama-sama memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan tepat guna yang berbasis pada Budaya Bali,” pesan Jaya Negara.

Komentar