nusabali

Pemenang Bagi Rata Juara Lomba Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-pemenang-bagi-rata-juara-lomba-bulan-bahasa-bali

AMLAPURA, NusaBali
Pemenang lomba serangkaian Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023, tingkat SD hingga SMA sederajat  di Kabupaten Karangasem terbagi rata.

Para pemenang berasal dari kecamatan berbeda. Hasil ini menandakan kualitas pembinaan bidang bahasa Bali di Karangasem, makin merata.

Persaingan pun meningkat yang ditandai kualitas tampilan peserta lomnba yang makin memikat dewan juri. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Wayan Astika mengakui hal itu usai menutup acara Bulan Bahasa Bali di Aula Sanggar Kegiatan Belajar Karangasem Jalan Ahmad Yani Amlapura, Selasa (7/2).

“Kami mengapresiasi seluruh peserta lomba yang berasal dari delapan kecamatan. Mereka sangat antusias untuk bersaing menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sehingga hasil akhir lomba juga berkualitas,” jelasnya.

Kata dia, peserta lomba di tingkat kabupaten  tersebut merupakan peserta pilihan mewakili masing-masing kecamatan. Para pemenang lomba tersebut, berhak mewakili Kabupaten Karangasem pada lomba serupa tingkat Provinsi Bali. ‘’Hanya saja, sebelum berlomba ke provinsi, mereka masih perlu pembinaan,’’ jelas Astika.

Pemenang lomba nyurat aksara Bali tingkat SD, juara I I Gede Eka Septa Wisnanda Putra dari Kecamatan Kubu dengan skor 291, juara II I Gusti Ayu Agung Devika Naeya Adiartha dari Kecamatan Selat skor 283 dan juara III Ida Ayu Putu Kanyaka Saucani dari Kecamatan Bebandem, skor 264.

Pemenang nyurat aksara Bali di lontar tingkat SMP, juara I Ni Kadek Ayu Aristya Pebriyanti dari Kecamatan Selat skor 227,25, juara II I Gede Putra Waisnawa dari Kecamatan Selat skor 221,65, dan juara III I Ngurah Wahyu Jelantik dari Kecamatan Karangasem skor 208,45.

Pemenang lomba debat bahasa Bali tingkat SMA-SMK, juara I Kecamatan Rendang skor 234,7, juara II Kecamatan Karangasem skor 232,6 dan juara III Kecamatan Bebandem skor 229,4. Pemenang lomba ngwacen lontar dengan peserta umur 19-28 tahun, juara I Ni Putu Sintya Widanti dari Kecamatan Karangasem, skor 2.251,5, juara II I Wayan Agus Eka Putra dari Kecamatan Karangasem skor 2.240,5 dan juara III I Gede Eka Putra Yasa dari Kecamatan Selat skor 2.231,0. *k16

Komentar