nusabali

Pengobatan Tradisional dan Pijat Refleksi untuk Nyeri Bokong (Ischialgia) (2)

  • www.nusabali.com-pengobatan-tradisional-dan-pijat-refleksi-untuk-nyeri-bokong-ischialgia-2

Ischialgia biasanya mengenai hanya salah satu sisi. Yang bisa menyebabkan rasa seperti ditusuk jarum atau nyeri seperti ditembak.

Dokter mungkin akan memberikan obat anti inflamasi, relaksan otot dan analgetik untuk menghilangkan rasa nyeri.

Untuk perawatan sendiri di rumah. Bisa dicoba untuk mengurangi nyeri dengan terapi es dan air hangat. Bisa ditempelkan bantal pemanas (heating pad), handuk basah hangat, atau kantong es ke kulit di daerah punggung bawah sekitar 15-20 menit. Ketika menggunakan es, tambahkan air ke dalam kantong es agar dapat fleksibel mengikuti kontur tubuh. Jangan menempelkan es secara langsung ke kulit.

Latihan (exercises) yang biasa diberikan untuk penderita Ischialgia adalah penguluran serta penguatan yang ditargetkan pada otot punggung bawah, perut, dan paha yang dapat membantu mengurangi gejala dari Ischialgia. Latihan (exercises) yang dapat menurunkan nyeri yang diakibatkan oleh Ischialgia adalah :
1. Penguluran otot piriformis
2. Penguluran punggung bawah
3. Penguluran otot hamstring
4. Penguatan inti/otot transverses abdominalis

Tips untuk Penderita Ischialgia
1. Hindari banyak membungkukkan badan.
2. Hindari sering mengangkat barang-barang berat.
3. Segera istirahat jika telah merasakan nyeri saat berdiri atau berjalan.
4. Saat duduk lama diusahakan kaki disila bergantian kanan dan kiri atau menggunakan kursi kecil untuk menumpu kedua kaki.
5. Saat menyapu atau mengepel lantai pergunakan gagang sapu atau pel yang panjang, sehingga saat menyapu atau mengepel punggung tidak membungkuk.
6. Jika hendak mengambil barang di lantai, usahakan punggung tetap lurus, tapi tekuk kedua lutut untuk menggapai barang tersebut.
7. Lakukan back exercise secara rutin, untuk memperkuat otot-otot punggung sehingga mampu menyangga tulang belakang secara baik dan maksimal. 7

Komentar