nusabali

Mengantisipasi Alergi Musiman

  • www.nusabali.com-mengantisipasi-alergi-musiman

PERALIHAN musim dari dingin ke musim semi menyebabkan sejumlah orang mengalami alergi musiman seperti yang diakibatkan oleh banyaknya serbuk sari yang berterbangan.

Hal tersebut tentu menyebabkan gejala-gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Medical Daily, yang dilansir dari antaranews, Senin (1/4/2024), menyebutkan, musim semi memang membawa suhu yang lebih sejuk dan bunga-bunga bermekaran.

Namun, bagi penderita alergi musiman, banyaknya serbuk sari yang berterbangan pada periode Februari hingga musim panas justru menjadi waktu yang tidak menyenangkan bagi mereka.

Menurut Ahli Alergi dan Imunologi Dr Reenal Patel, alergi musiman atau yang dikenal sebagai rhinitis alergi telah mempengaruhi hampir 60 juta orang di Amerika Serikat. Di mana 25 persen di antaranya merupakan orang dewasa.

Menurut dia alergi musiman dapat mempengaruhi fungsi mata, telinga, hidung, tenggorokan hingga paru-paru.

Selain itu, alergi dapat mempengaruhi status mental seseorang, seperti merasakan kelelahan, sakit kepala, sakit kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Sementara tanda-tanda seseorang terkena alergi musiman, yaitu pilek, hidung tersumbat, batuk, hidung atau tenggorokan gatal, mata berair dan gatal, bersin, post-nasal infus, mata bengkak, dan kelelahan karena gangguan tidur dan kesulitan bernapas.

Kondisi tersebut juga sangat umum bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki alergi apapun di masa kanak-kanak. Dengan demikian, diagnosis dini sangat penting untuk mengidentifikasi gejala dan mengambil tindakan pencegahan yang membantu mengelola gejala akibat alergi musiman.

“Jika seseorang mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, yang terbaik adalah menjalani tes alergi musiman. Diagnosis alergi seringkali didasarkan pada riwayat, tes tusuk kulit, dan atau pemeriksaan darah,” kata Dr Patel.

Dr Patel mengatakan langkah pertama yang dapat penderita lakukan ketika merasakan gejala adalah mengidentifikasi alergen, usai mengetahui penyebabnya, maka penderita dianjurkan untuk menghindari faktor pemicu.

Jika pemicunya tidak dapat dibatasi, dokter mungkin merekomendasikan rencana pengobatan yang disesuaikan untuk individu terkait dengan banyak obat yang diresepkan seperti antihistamin oral, obat tetes mata, dan obat semprot hidung.

"Kami juga dapat mengobati gejala individu tergantung pada apa yang Anda rasakan. Terapi jangka panjang seperti imunoterapi alergi dapat ditawarkan melalui suntikan alergi dan sublingual, tetes atau tablet. Bicaralah dengan ahli alergi Anda untuk mendapatkan rencana khusus untuk Anda," ujar Dr Patel.

Selain mengidentifikasi alergen, penderita direkomendasikan untuk mandi sebelum tidur agar serbuk sari tidak menempel ketika beristirahat. Sedangkan ketika beraktivitas di luar, dia menyarankan penderita mengenakan topi dan kacamata hitam, tutup jendela rumah atau mobil dan biarkan alat pembersih udara menyala di kamar tidur.

Di beberapa negeri tropis, seperti di Indonesia, pergantian musim dari penghujan ke kemarau juga memicu alergi. Penderita rhinitis akan merasakan sesak napas. Musim kemarau identik dengan debu, ini pun akan menyulitkan bernapas secara leluasa. 7

Komentar